Materi Ajar, Jumat, 02 Februari 2024

Kamis, 01 Februari 2024

Hari, tanggal : Jumat, 2 Februari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema         : Cuaca, Iklim dan Musim (4)

Pembelajaran : 1

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematka, dan SBdP

 




 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • SBdP
  • 3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat membedakan teknik potong, lipat, dan sambung.


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 subtema 3 pb 6 yaitu tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 5 subtema 4  yatiu tentang cuaca, iklim, dan musim.  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 berikut ini. 

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 


Lets check this video!!







📌 Materi Ajar


Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat. Cuaca terjadi pada jangka waktu tertentu. Keadaan cuaca dapat berubah-ubah. Kita dapat meramal keadaan cuaca. Caranya dengan mengamati unsur-unsur cuaca. Misalnya suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Kita juga dapat mengamati curah hujan. Melihat keadaan awan dan keadaan angin. Unsur cuaca tidak sama pada semua tempat. Cuaca terjadi pada suatu tempat yang tidak luas. Terjadinya pun pada waktu tertentu.

Sekarang anak anak Ayo Menulis!
Tugas Kelompok 
Tulislah percakapan terkait keadaan cuaca yang kamu alami saat ini.
   Ceritakan hasil percakapanmu di depan kelas. Sampaikan informasi yang kamu peroleh.  Berceritalah dengan penuh percaya diri. Perhatikan volume dan intonasi suara. Pastikan suaramu terdengar ke seluruh kelas. 
    
   Selanjutnya pada saat hujan turun Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah bersama. Edo memakai jaket ke sekolah. Jaket berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin. Kita memerlukan pakaian tambahan saat udara dingin. Pakaian tambahan jaket atau sweater membuat tubuh hangat. Makanan juga dapat membuat tubuh hangat. Begitu juga minuman. Banyak makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Edo mendata daerah asal teman-teman di kelas. Daerah asal yang dimaksud adalah daerah asal-usul orang tuamu. Yuk, kita bantu Edo. 
   Isilah tabel di bawah ini. Isi sesuai daerah asal teman-teman di kelasmu. contoh tabel sebagai berikut
Daerah asal teman-teman di kelas sangat beragam. Di Indonesia, asal-usul orang tua menjadi daerah asal kita. Walaupun kita lahir di daerah yang berbeda, tetapi daerah asal orang tua tetap dianggap daerah asal kita. Ini membuktikan  Indonesia terdiri atas beragam daerah. Indonesia juga memiliki banyak suku bangsa. Kita mungkin berbeda daerah dan suku bangsa. Akan tetapi, kita tetaplah satu bangsa Indonesia.

A.   ðŸ“Œ  PENILAIAN HARIAN (PH)

  1. Indonesia memiliki dua musim yaitu ….
  2. Indonesia adalah negara yang terletak di ….
  3. Jika cuaca sering mendung dan hujan maka hal itu menandakan bahwa sedang mengalami musim ….
  4. Negara yang beriklim tropis memiliki ….
  5. 45  – 15  = ….
    Hasil dari operasi pengurangan pecahan di atas adalah ….
  6. .810  – 510 = ….
    Hasil dari operasi pengurangan pecahan di atas adalah ….
  7. Bu Dina mempunyai satu buah semangka, ia membelahnya menjadi delapan bagian. Suami Bu Dina memakan dua bagian dan anak perempuannya memakan tiga bagian. Sisa bagian semangka jika ditulis dalam bentuk pecahan yaitu menjadi ….
  8. Kerja bakti di lingkungan dapat membina ….
  9. Orang-orang yang wajib mengikuti kerja bakti adalah ….
  10. Angin yang kencang sering terjadi pada musim hujan, maka kita perlu menebang cabang pohon yang lebat dengan tujuan ….



📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang  cuaca, iklim, dan musim. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 4 pembelajaran 2 dengan materi yang sama yaitu tentang cuaca, musim, dan iklim.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 4 pb 1,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar