Hari, tanggal : Kamis, 4 April 2024
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP
Pembelajaran : 3 dan 4
📌 Kompetensi Dasar (KD)
- Bahasa Indonesia
- 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat
- Matematika
- 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
- SBdP
- 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
- PPKn
- 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
📌 Tujuan Pembelajaran :
- Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu menuliskan informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan rinci.
- Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
- Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.
- Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.
📌 Apersepsi :
Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 yaitu tentang Energi dan Perubahannya. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 7 yaitu tentang perkembangan teknologi. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 yaitu tentang perkembangan teknologi produksi pangan berikut ini dengan baik ^^
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah.
Lets check this video
📌 Materi Ajar
Teknologi Produksi Sandang
Setiap orang memiliki pakaian. Ada kemeja, kaos, dan blus. Ada celana panjang, celana pendek,
dan rok. Mereka mengenakan pakaian untuk melindungi tubuh. Pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Tahukah kamu, bahan apa sajakah itu? Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi pakaian? Pakaian apa saja yang dihasilkan?
Bahan Dasar Pakaian
Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.
Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.
Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.
Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.
Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan”!
- Apa arti dari Sandang?
- Bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat pakaian?
- Bahan pakaian apakah yang nyaman dipakai untuk sehari hrai?
- Serat sutera berasal dari?
- Apakah manfaat pakaian yang terbuat daro bulu domba?
📌 Ayo Mencoba!
Luas Permukaan Suatu Bidang
Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan.
Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling menutupi.
Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!
"Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat".
Cara Menentukan Simetri Lipat
Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan. Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi. Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!
1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.
2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.
3. Lalu, buka lipatan kertas.
4. Buatlah garis pada bekas lipatan.
Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?
Amati bagan berikut ini!
Buatlah satu bentuk bangun datar yang kamu inginkan!
Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat! Gambarkan hasil temuanmu!
📌 Ayo Mengamati!
Udin bercerita tentang kain sutra ibunya. Kain ibu Udin dibuat dengan cara dipintal dan ditenun. Dayu menanggapi cerita Udin. Ia memperagakan gerakan memintal dan menenun.
📌 Ayo Membaca!
Mengolah Bahan Dasar Pakaian
Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon. Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian. Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.
Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakin maju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern. Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakinbanyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasarjuga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam.Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian.
Bacalah kembali teks “Mengolah Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti!
Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!
Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!
📌 Ayo Mengamati!
Jenis pekerjaan dalam proses pembuatan pakaian
Tuliskan keberagaman pekerjaan yang kamu lihat!
📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang teknologi produksi sandang, serta menentukan satuan tidak baku. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 7 subtema 1 pb 3 dan 4 tentang teknologi produksi sandang.
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 7 subtema 2 pb 3 dan 4, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^
0 comments:
Posting Komentar