Materi Ajar, Rabu, 24 April 2024

Selasa, 23 April 2024

Hari, tanggal            : Rabu, 24 April 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema                      : Perkembangan Teknologi Komunikasi(3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP
Pembelajaran            : 3

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • Matematika
  • 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
  • SBdP
  • 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu menuliskan informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan rinci.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat  mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat mengidentifikasi kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 7 subtema 3 pb 1 dan 2 yaitu tentang teknologi perkembangan komunikasi. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 7 subtema 3 pb 3 yaitu tentang simetri putar dan teknologi perkembangan komunikasi. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 7 Subtema 3 pb 3 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar

Telepon merupakan salah satu alat komunikasi. Dengan adanya teknologi, telepon berkembang dari masa ke masa. Saat ini telepon merupakan salah satu alat yang sangat memudahkan komunikasi.


📌 Ayo Membaca!

Sejarah Penggunaan  Telepon

Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Manusia sudah mengenal surat dan telegraf sebelum ditemukannya telepon. Namun, surat memerlukan waktu berhari-hari dalam menyampaikan pesan. Selain itu, komunikasi dilakukan secara tertulis.
Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800-an. Berdasarkan hasil penelitian tentang gelombang bunyi, Alexander Graham Bell menciptakantelepon.Padauji cobapertama
kali, daya jangkau telepon sekitar 8 mil. Selanjutnya, ada satelit telepon. Oleh karena itu, daya jangkau telepon semakin luas. Komunikasi dapat dilakukan antarnegara.  Sekarang, jaringan telepon bergerak melalui satelit. Kita dapat berkomunikasi dimana saja dengan menggunakan telepon genggam atau ponsel.


📌 Ayo Berkreasi!

Membuat telepon dari kaleng bekas




Penampilan telepon kaleng akan semakin menarik jika diberihiasan. Salah satu motif hiasan adalah pola hiasan dari Toraja.



📌 Ayo Mengamati!

Setelah menghias kaleng, Lani menunjukkan gambar yang ia buat. Udin mengusulkan agar gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai, Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani. Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran dari sisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.
 

📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang cara membuat telepon dari kaleng bekas , serta menentukan keliling bangun datar. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 7 subtema 1 pb 4 tentang perkembangan komunikasi.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 7 subtema 3 pb 3,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar