Materi Ajar, selasa, 21 Mei 2024

Senin, 20 Mei 2024

Hari, tanggal             : Selasa, 21 Mei 2024

Kelas                          : 3A
Tema                          : Praja Muda Karana (8)
Subtema                    : Aku Suka berkarya (4)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran           : 1 dan 2




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.7 Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dn pemanfaatannya dalam denah, teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
  • SBdP
  • 3.4 Mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik potong, lipat dan sambung dalam mebuar karya keterampilan.
  • PPKn
  • .3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dn pemanfaatannya dalam denah, teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat engidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik potong, lipat dan sambung dalam mebuar karya keterampilan.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Selamat pagi anak-anak... okay, pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang rambu lalu lintas, diagram batang, serta sikap menghargai perbedaan. adakah yang bisa menyebutkan salah satu sikap dalam menghargai perbedaan? okay benar sekali, kita dapat menghargai perbedaan dengan tidak memilih-milih teman dan bermain dengan siapa saja tanpa memandang ras, suku dn agama ya anak-anak.


Nah hari ini kita akan melanjukan materi kita di tema 8 subtema 4 yaitu tentang denah dan arah mata angin, diagram gambar, lambang pancsila dan teknik potong, lipat dan smbung . Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!



📌 Materi Ajar

A. Bahasa Indoensia

Paragraf dan Ide Pokok Bacaan

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang saling berkaitan dan mengandung datu ide pokok. Ide pokok adalah pikiran atau gagasan utama dari sebuah paragarf.

Contoh:

"Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia".

Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.

Menurut paragraf di atas, kita bisa melihat jika kalimat pertama merupakan kalimat utama dari paragraf tersebut, sedangkan kalimat lainnya menjadi kalimat penjelas dari kalimat utama yang ada. Hal tersebut bisa kita lihat dari kalimat “Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat” yang menunjukkan jika pohon memberikan berbagai manfaat.

Arah Mata Angin dan Denah

Mata angin dan denah adalah dua hal yang saling berkaitan. Mata angin sangat berguna dalam memahami denah atau peta yang kita lihat. Tanpa mata angin, teman-teman akan kesulitan untuk menemukan arah yang dituju. Bahkan dalam proses pembuatan denah, pemahaman tentang mata angin sangatlah penting. Karena itulah antara mata angin dan denah adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan begitu saja.


Denah


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) denah adalah gambar yang menunjukan letak kota, jalan, dan sebagainya. Denah juga bisa menjadi sebuah gambar rancangan untuk rumah, bangunan, dan lain sebagainya. Pada pengertian lain, denah juga merupakan peta dalam ukuran yang lebih kecil. Karena itu, denah bisa digunakan untuk menggambarkan detail lokasi suatu tempat. Jadi, denah juga bisa menunjukan detail isi ruangan, beserta batas antar ruang atau bangunan.

Fungsi denah:

  • Untuk mengetahui posisi ruangan atau bangunan.
  • Untuk mengetahui sirkulasi ruangan yang akan kita kunjungi. Dengan begitu, teman-teman tidak akan kebingungan untuk masuk dan keluar dari ruangan itu.
  • Untuk membantu kita memahami titik atau lokasi penting yang harus dijangkau saat terjadi bencana.


Mata Angin

Menurut KBBI, mata angin adalah arah jarum pedoman atau arah datangnya angin, yaitu utara, timur, selatan, barat. Sedangkan menurut pengertian lain, mata angin merupakan panduan untuk menentukan sisi atau arah tertentu. Karena itu, mata angin memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat mata angin:

  • Membantu mengetahui suatu lokasi dengan berpedoman pada arah yang telah ditentukan.
  • Membantu menentukan arah yang tepat saat melakukan sebuah perjalanan di alam terbuka. Dengan mengetahui arah mata angin, teman-teman tidak akan mudah tersesat.
  • Membantu umat Islam dalam beribadah. Dengan memahami mata angin, umat Islam bisa menentukan arah yang tepat sebagai kiblat untuk beribadah.
  • Membantu para nelayan untuk menentukan arah kapal bergerak dan menentukan waktu berlayar dan arah yang dituju.
  • Membantu kita memprediksi cuaca.

Untuk mengetahui arah mata angin, teman-teman pun tidak harus selalu menggunakan kompas, lo. Ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan salah satunya dengan matahari. Dengan melihat arah bayangan dari sinar matahari, teman-teman bisa mengetahui arah mata angin.


B. MATEMATIKA
Diagram Gambar

Diagram merupakan sebuah gambar atau grafik yang digunakan untuk menyajikan sebuah data


Diagram gambar atau yang sering disebut dengan piktogram merupakan penyajian data statistik yang menggunakan lambang-lambang atau gambar. Piktogram umumnya dipakai untuk data yang bernilai besar.

Diagram ini juga sering digunakan untuk menyajikan gambaran kasar suatu hal atau alat visualisasi bagi orang awam. Setiap satuan jumlah tertentu memiliki simbol atau lambang sesuai dengan macam datanya.

Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.


Pembuatan diagram akan menggunakan tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.

Diagram akan digambar seperti berikut ini!


C. SBdP

Teknik potong, lipat, dan sambung

  1. Teknik Potong adalah memotong atau memisahkan bahan menjadi dua bagian atau lebih. Memotong bahan dapat menggunakan gunting, Cutter, atau pisau.
  2. Teknik Sambung adalah menyatukan atau menggabungkan dua atau lebih bagian menjadi satu. teknik sambung dapat dilakukan dengan menggunakan lem, Staples, dan selotip.
  3. Teknik Lipat adalah teknik untuk mencipta bentuk atau model tertentu tanpa menggunakan bahan perekat. Teknik lipat biasanya digunakan pada ketrajinan origami.

D. PPKn
Setiap simbol/lambang pancasil memiliki maknanya sendiri. Perhatikanlah makna simbol/lambang pancasila berikut ini:


Contoh penerapan dan pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari:
1. Contoh Pengamalan Sila Pertama Pancasila:
  • Taat dalam beribadah sesuai agama dan kepercayaan yang dianut oleh masing-masing orang.
  • Berdoa dalam melakukan aktivitas sehari-hari sebagai tanda syukur atau terima kasih pada Tuhan.
  • Merawat dan menyayangi hewan dan tumbuhan di sekitar kita, karena hewan dan tumbuhan juga makhluk ciptaan Tuhan.
  • Menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan orang lain yang berbeda dengan kita.
  • Saling tolong menolong tanpa membeda-bedakan agama dan kepercayaan yang dianut.

2. Contoh Pengamalan Sila Kedua Pancasila :

  • Saling menghargai pendapat satu sama lain
  • Menolong orang yang sedang membutuhkan pertolongan
  • Memperlakukan semua orang dengan adab yang baik.
  • Bersikap adil pada semua orang dan tidak membeda-bedakan orang berdasar latar belakangnya.
  • Menjenguk teman yang sakit.

3. Contoh Pengamalan Sila Ketiga Pancasila:

  • Bekerja sama dengan teman di sekolah saat mengerjakan tugas kelompok.
  • Bergotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal.
  • Bekerja sama mendirikan tenda saat berkemah dalam kegiatan pramuka.
  • Bersama-sama menjaga persatuan dan hubungan baik satu sama lain, dan tidak mudah terpecah belah.
  • Menjaga kerukunan bangsa Indonesia yang memiliki beragam latar belakang suku, budaya, agama, dan bahasa.

4. Contoh Pengamalan Sila Keempat Pancasila

  • Bermusyawarah dalam mencari keputusan untuk kepentingan bersama di sekolah.
  • Mengikuti pemilihan umum untuk menentukan pemimpin daerah atau pemimpin negara.
  • Bermusyawarah dengan tetangga untuk mencari solusi permasalahan di lingkungan masyarakat.
  • Menghormati pendapat orang lain dan tidak memaksakan kehendak diri sendiri ketika bermusyawarah.
  • Menerima hasil musyawarah untuk kebaikan bersama dengan lapang dada.

5. Contoh Pengamalan Sila Kelima Pancasila

  • Membagi tugas secara adil untuk anggota kelompok saat mengerjakan tugas sekolah.
  • Memberikan kesempatan pada semua anggota kelompok untuk berpendapat.
  • Melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab serta mendapatkan hak sebagai warga negara.
  • Menghemat energi dan sumber daya alam karena semua orang berhak menikmatinya juga.


📌 Penilaian Pembelajaran


Nah itulah tadi materi kita hari ini yaitu tentang RBhineka Tunggal Ika.  Agar anak-anak lebih memahami materi tersebut, silahkan anak-anak mengerjakan latihan berikut ini:

  • LATIHAN ESSAY

Jawablah pertanyan di bawah ini dengan benar! 

1. Perhatikan denah di bawah ini!
Isilah titik-titik berikut dengan arah mata angin berdasarkan denah di atas!
a. Masjid berada di sebelah ... SD Nusantara
b. Taman bermain berada di sebelah ... gereja
c. SD nusantara berada di sebelah ... taman bermain
d. gereja berada di sebelah ... pos ronda
e. rumah teman Udin tepat di seberang gereja. Jalan apa yang dapat dipilih untuk menuju sekolah...

2. Perhatikan Diagram batang berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan diargam batang di atas!
a. Di manakah tempat yang memiliki rumah paling banhyak?
b. Di manakah tempat yang meiliki rumah paling sedikit?
c. Berapa banyak perbedaan rumah di jalan Kamboja dn jalan Mawar?
d. Berapa banyak perbedaan rumah di jalan Lili dan Jalan Kamboja?
e. Berapa jumlah seluruh rumah?

3. Bacalah paragraf berikut ini!
"Pada suatu hari, Avelin sedang bermain bola basket bersama dengan temannya, Ryan di lapangan yang berada di depan rumahnya. Hal itu tidak menghalanginya untuk memainkan permainan laki-laki, meskipun dirinya seorang wanita. Menurutnya, semua permainan sama saja dan tidak dibatasi suatu gender, asalkan permainan itu memang menyenangkan untuk dirinya".

Ide pokok dari paragraf di atas adalah ...

4. Tuliskan bunyi dan lambang dari sila pancasila yang sesuai!


5. Perhatikan gambar berikut ini!

Tekik yang digunakan dalam membuat karya seni di atas adalah? jelaskan!



Note:

^^ Selamat mengerjakan tugas anak-anak sholeh sholehah. SEMANGAT!!^^



📌 Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah kita sudah belajar tema 8 subtema 4 pb 1 dan 2, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat anak-anak terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 subtema 4 tentang Aku suka berkarya.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 8 subtema 4 pb 1 dan 2,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar