Materi Ajar, Selasa, 7 Mei 2024

Senin, 06 Mei 2024

 Hari, tanggal            : Selasa, 7 Mei 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Praja Muda Karana (8)
Subtema                      : Aku Anggota Pramuka(1)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP
Pembelajaran            : 3 dan 4




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.9 Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
  • Matematika
  • 3.11 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
  • SBdP
  • 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
  • PPKn
  • 3.2 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku dengan benar.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu dengan tepat.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 8 pb 1 dan 2 yaitu tentang Pramuka, pengertian sudut dan lambang negara garuda pancasila. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 8 subtema 1 pb 3 dan 4 yaitu tentang arti lagu garuda pancasila, sudut, dan pola irama lagu.  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video







📌 Materi Ajar

Mengenal Arti Lagu Garuda Pancasila

Anggota pramuka harus mengenal baik negaranya. Anggota pramuka harus mengenal bahasa dan lambang negara. Anggota pramuka juga harus mengenal lagu kebangsaan. Mengenal lambang negara untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air. Mengenal lagu kebangsaan juga untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air.

Salah satu kegiatan mengenal negara adalah memahami arti lagu Garuda Pancasila. Syair lagu Garuda pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukungPancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot.Berjiwa patriot berarti siap berjuang dan relaberkorban untuk negara. Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu, bangsa Indonesia harus terus maju. Bangsa Indonesia harus pantang mundur.

Setelah memahami lagu Garuda pancasila, diharapkan anggota pramuka memiliki sikap nasionalis. Anggota pramuka harus mencintai negara Indonesia. Anggota pramuka selalu bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Cobalah menghubungkan bagian syair lagu Garuda Pancasila dengan bacaan-bacaan sebelumnya! Temukan arti dari syair lagu Garuda Pancasila dan tuliskan!



📌 Ayo Berlatih!



Lihatlah posisi tangan Edo. Masih ingatkah kamu tentang sudut? Jika dijiplak tepi lurusnya,manakah dari posisi tersebut membentuk sudut?



Tuliskan benda-benda yang tepi lurusnya membentuk sudut!
Tuliskan pada tabel berikut sebanyak mungkin!



📌 Ayo Bernyanyi!

Latihan pramuka hari ini ditutup dengan menyanyikan lagu.



Kegiatan ini dapat dilakukan menggunakan alat musik pukul!

📌 Ayo Berdiskusi!

  1. Apakah kamu dan teman-teman dapat mengiringi lagu tersebut?
  2. Bagian mana yang memiliki irama tepuk yang sama?
  3. Bagian mana yang memiliki irama tepuk yang berbeda?\
  4. Sekarang, cobalah membuat iringan tepuk yang berbeda!
  5. Lalu, tampilkan hasil kreasi kelompokmu di depan teman-teman lain!


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tema 8 subtema 1 pb 3 dan 4 yaitu tentang arti lagu garuda pancasila, sudut, dan pola irama lagu.  Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 subtema 1 pb 5 tentang Aku anggota pramuka.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 8 subtema 1 pb 3 dan 4,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar