Matri Ajar, Senin, 6 Mei 2024

Minggu, 05 Mei 2024

Hari, tanggal            : Senin, 6 Mei 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Praja Muda Karana (8)
Subtema                      : Aku Anggota Pramuka(1)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP, dan PPKn
Pembelajaran            : 1 dan 2




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.9 Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
  • Matematika
  • 3.11 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
  • SBdP
  • 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
  • PPKn
  • 3.2 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku dengan benar.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu dengan tepat.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 7 yaitu tentang perkembangan teknologi. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 8 subtema 1 pb 1 dan 2 yaitu tentang Pramuka, pengertian sudut dan lambang negara garuda pancasila. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video





📌 Materi Ajar

Praja Muda karana

Praja muda karana disingkat menjadi pramuka. Pramuka memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Lambang gerakan pramuka berupa tunas kelapa. Anggota pramuka dikelompokkan berdasarkan usia. Kelompok pramuka berusia 7-10 tahun dinamakan pramuka siaga. Pramuka mengajarkan anggota untuk selalu bergembira. Semua kegiatan disampaikan dengan senang dan gembira. Ada banyak lagu yang dinyanyikan. Ada banyak permainan yang dikenalkan.

Pramuka menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mengenal pramuka membuat anggota lebih mencintai negara Indonesia. Pramuka juga mengajarkan anggota menjadi anak yang mandiri. Pramuka mengajak anggota menjadi anak yang selalu riang gembira.


📌 Ayo Membaca!


Pramuka memiliki tepuk tangan yang khas. Tepuk tersebut disebut Tepuk Pramuka. Cobalah Tepuk Pramuka berikut!


CobalahmelakukanTepuk Pramukabersama temanmu!
Sekarang, perhatikan lagu Pantun Pramuka berikut ini!


Bagaimana perasaanmu setelah bernyanyi dan bertepuk tangan?
Mengiringi lagu dengan bertepuk tangan sangat menyenangkan, bukan?
Kegiatan bertepuk tangan dapat diganti dengan bertepuk meja.
Selain itu, dapat pula kamu melakukannya menggunakan alat musik pukul.

Menurut lagu tersebut, anggota pramuka harus hemat dan cermat. Anggota pramuka juga harus selalu disiplin. Disiplin dalam berbagai hal, termasuk saat latihan.

Anggota pramuka dilatih untuk mencintai negara Indonesia. Anggota dikenalkan dengan bendera dan lambang negara Indonesia. Anggota pramuka juga dilatih untuk lebih mengenal pramuka. Anggota pramuka juga dikenalkan dengan lambang gerakan pramuka.


📌 Ayo Bercerita!

Tuliskan yang kamu ketahui dari kata-kata berikut!





📌 Ayo Mengamati!

Tahukah kamu nama bendera negara kita? Bendera negara kita diberi nama Sang Merah Putih. Kita memberi hormat saat bendera dikibarkan sebagai tanda penghormatan.
Dapatkah kamu meniru gerakan menghormat bendera?
Amatilah cara membuat kerajinan di atas!
Kegiatan apa saja yang kamu lakukan? Tulislah jawabanmu!

Cobalah bersama teman-temanmu!
Tentukan terlebih dahulu teman yangbertugas memberi aba-aba!
Perhatikan posisi tangan Udin saat menghormat bendera. Cobalah jiplak tepi lurus tangan Udin. Lalu tangan Udin kita geser. Maka akan di peroleh hasil jiplakan yang disebut sudut. Tahukah kamu apa arti sudut?

Perhatian gambar berikut!



Ada berapa garis yang membentuk suduttersebut?

Perhatikan penjelasan berikut tentang sudut!





  📌 Ayo Berlatih!




📌 Ayo Mencoba!


Banyak kegiatan kepramukaan yang diajarkan melalui permainan. Salah satu alat yang dapat dijadikan alat bermain adalah tongkat. Banyak permainan yang dapat dilakukan dengan menggunakan tongkat. Salah satunya permainan lompat tongkat berikut ini.



📌 Ayo Mengamati!

Masih ingatkah kamu dengan lambang negara kita?
Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk
yang digunakan sebagai lambang resmi negara. Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda. Lambang burung Garuda menggambarkan kebesaran dan kekuatan. Indonesia ingin menjadi negara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara, kita juga harus kuat dan sehat.  Sebagai warga negara, kita harus menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat. 

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung. Leher, sayap, dan ekor memiliki sejumlah bulu. Perisai dilengkapi dengan lambang sila Pancasila. Garuda mencengkram pita yang bertuliskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.



📌 Ayo Berlatih!

Tuliskan kembali informasi tentang lambang negara berdasarkan bacaan tersebut!
Sebelummenuliskan isilah peta pikiran berikut berdasarkan bacaan!


Bendera merah putih merupakan lambang negaraRepublik Indonesia. Garuda Pancasila juga merupakan lambang negara Republik Indonesia. Lambang tersebut harus dijaga sebagai tanda kehormatan negara. Penggunaan dan pemasangan lambang negara harus mengikuti peraturan.

Mari, mengamati tempat menemukan lambang negara dipasang.
Tanyakan pada teman dan gurumu tempat pemasangan lambang negara!





📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tema 8 subtema 1 pb 1 dan 2 yaitu tentang pramuka, pengertian sudut, dan lambang negara garuda pancasila Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 subtema 1 pb 3 tentang Aku anggota pramuka.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 8 subtema 1 pb 1 dan 2,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar