Materi Ajar, Rabu, 28 Agustus 2024

Selasa, 27 Agustus 2024

        


Hari, tanggal   : Rabu, 28 Agustus 2024
Kelas                  : 1.A
Guru                  : Risa Melinda Syahrie, S.pd. dan Diah Ayu Eka Rusmita, S.Pd.
Mapel                : Pendidikan pancasila & Matematika


 

      📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Menentukan penjumlahan yang hasilnya 10 dengan benar

  2. Mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menentukan penjumlahan yang hasilnya 10 dengan benar

  2. Peserta didik dapat mengenal aturan di lingkungan sekolah.
    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah  belajar tentang operasi penjumlahan yang hasilnya 10 serta contoh-contoh pengamalam nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.Adakah yang bisa menjawab, berapa hasil dari 4+3? yaa benar angka 4 ditambah angka 3 adalah 7,

Nah, untuk hari ini kita akan belajar masih akan belajar tentang operasi penjumlahan yang hasilnya 10 serta mengenal aturan aturan yang ada di lingkungan rumah kita.  Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^





Nah anak-anak, dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa:

Apa itu Aturan?

  • Aturan adalah seperti perjanjian yang kita buat bersama.
  • Aturan dibuat untuk menjaga ketertiban dan keamanan.
  • Dengan mengikuti aturan, kita bisa belajar dan bermain dengan nyaman.

Mengapa Kita Harus Mengikuti Aturan?

  • Agar kita tidak mengganggu teman.
  • Agar kita bisa belajar dengan baik.
  • Agar kita merasa aman dan nyaman.
  • Agar kita menjadi anak yang baik.

Contoh Aturan di Sekolah:

  • Datang tepat waktu.
  • Memakai seragam yang bersih dan rapi.
  • Membawa peralatan sekolah yang lengkap.
  • Mendengarkan guru dengan baik.
  • Tidak boleh mengganggu teman.
  • Menjaga kebersihan kelas.
  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Berbaris dengan rapi.
  • Berdoa sebelum belajar.


📌Materi Matematika



Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok bilangan menjadi satu kelompok yang lebih besar. Hasil dari penggabungan ini disebut jumlah.

Perhatikan gambar berikut:

-          Ada berapa jari yang terbuka?

-          Ada berapa jari yang tertutup?

-          Jadi semuanya ada berapa?




AYO MENGAMATI!



Amatilah gambar di atas, lalu praktikan cara menghitungnya menggunakan jarimu!



AYO BERLATIH!

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!


1.      Isilah dengan bilangan yang benar!

 

2.      Tulis pasangan bilangan sehingga hasilnya 10!

  

📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang aturan yang ada di lingkungan sekolah, hanya saja pada saat peserta didik mengerjakan tugas, masih terdapat beberapa peserta didik yang dibantu karena belum lancar dalam membaca soal, Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut. Untuk materi operasi hitung pejumlahan Alhamdulillan peserta didik sudah memahaminya dan mengerjakan latihan soal dengan baik.


Dokumentasi hari ini:






 


0 comments:

Posting Komentar