Mengurutkan bilangan sampai 10
Merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.
Mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.
- Peserta didik dapat menyatakan jumlah barang sampai 10 dan urutannya dengan benar.
- Peserta didik dapat merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.
- Peserta didik dapat mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu mampu membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.
Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan penilaian harian (PH) untuk pelajaran Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indoensia. Nah, untuk hari ini kita akan melaksanakan penilaian harian (PH) matematika untuk mengukur pemahan kalian terhadap materi yang telah diberikan, serta mereview kembali materi seni budaya. Oke mari kita mulai pembalajran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam mengerjakan PH ^^.
📌Review materi Seni Rupa
Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata.
Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan. Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya. Garis seperti apa yang kamu rasakan? Sekarang pejamkan matamu. Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu. Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu. Garis seperti apa yang kamu dapatkan?
Nah anak-anak mari kita bayangkan dan ikuti bentuk garis yang berasal dari benda-benda di sekitarmu, seperti kertas yang melayang di udara. Lalu cobalah untuk menggambarkan garis tersebut sesuai dengan imajinasi dan bayanganmu di buku tulis.
Setelah itu perhatikanlah, benda-benda yang ada di sekitarmu, seperti buku, pensil, papan tulis dan lainnya. Benda-benda tersebut terbentuk dari garis-garis yang saling berhubungan. Benda-benda tersebut dapat menghasilkan suara lohh.
Mari kita coba gengan menutup mata saat dan mendengarkan lagu-lagu yang akan diputarkan yaaa, bayangkan bagaimana bentuk garis yang terbentuk dari irama lagu tersebut. Kemudian buka mata kalian dan dengarkan kembali lagu-lagu tersebut, gambarkan garis yang dapat kalian bayangkan sesuai dengan irama lagu tersebut.
Agar lebih jelas, perhatikanlah video berikut ini.
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa untuk pelaksanaan PH PH matematika serta mereview materi mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan alhamdulillah berjalan dengan lancar, hanya saja masih terdapat beebrapa peserta didik yang memerlukan arahan dan bimbingan dalam membaca soal. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru akan melakukan bimbingan kepada peserta didik tersebut.
0 comments:
Posting Komentar