MATERI AJAR, JUM'AT, 3 NOVEMBER 2023

Kamis, 02 November 2023

 Hari, tanggal: Jumat, 3 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di rumah (1)

Pembelajaran : 4

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPKn, PJOK

 


🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) yang menyatakan permasalahan di sekolah dengan tepat.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mendata kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Dengan mempelajari PJOK, siswa dapat menyebutkan tiga manfaat istirahat untuk menjaga kesehatan. 

Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 1 pb 3 mengenai kewajiban dan hak memiliki tubuh sehat, salah satu kewajiban anak adalah memiliki tubuh yang sehat. Cara memiliki tubuh yang sehat yaitu dengan makan makanan yang bergizi dan teratur, rajin berolahraga, tidur teratur dan banyak meminum air putih. 

Selain memiliki kewajiban dan hak dalam berpakaian, setiap anak juga memiliki hak dan kewajiban pada makanan dan hak dan kewajiban dalam beristirahat untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja contoh hak dan kewajibannya? Marilah kita temukan jawabannya dengan mempelajari materi tema 4 subtema 1 pb 4 berikut!


Now, let's check this video!! ><




🔖 Materi:

Hak dan kewajiban adalah dua hal yang harus saling beriringan. Kewajiban menurut KBBI adalah sesuatu yang diwajibkan, sesuatu yang diharuskan, atau suatu keharusan. Sedangkan hak adalah Kekuasaan untuk berbuat sesuatu, kekuasaan yang berhak atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu. Ada beberapa hak yang sudah didapatkan manusia sedari dalam kandungan yaitu hak untuk hidup, hak untuk memperoleh kehidupan yang layak. Hak dan kewajiban adalah dua hal yang harus dilakukan secara beriringan. Dua hal tersebut juga diatur dalam Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945) sebagai peraturan yang harus ditaati. Salah satu hak dan kewajiban yang dimiliki semua orang berkaitan tentang makanan. 

🔎 Kita simak gambar dibawah ini ya anak sholih sholihah

Setiap malam, Udin dan keluarganya makan malam bersama. Udin berbahagia karena bisa makan malam bersama keluarganya. Usai makan malam, ia berpikir tentang kewajiban dan haknya berkaitan dengan makanan.

Berikut kewajiban dan hak tentang makanan.

Bantulah Udin memilih mana yang kewajiban dan hak! 


🔎 Salinlah kembali pada tempat yang tersedia!

1. Bersyukur atas semua makanan yang ada.

2. Mendapat makanan sehat dan bersih.

3. Makan makanan yang sudah disediakan.

4. Memilih makanan yang sehat.

5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah.

6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan.

7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat.

8. Mengambil makanan secukupnya.

9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih.

10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.


Setelah makan malam, Udin membaca buku. Pada pukul delapan malam, Udin pergi tidur. Udin memiliki kewajiban untuk beristirahat. Mengapa beristirahat itu penting? 

Tuliskan tiga manfaat istirahat! 


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 1 pb 4 mengenai hak dan kewajiban pada makanan dan hak dan kewajiban dalam beristirahat untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah kita mengetahui materi tersebut mari kita laksanakan agar kita bisa mendapat manfaat lainnya. 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 




 


0 comments:

Posting Komentar