Materi ajar, Senin, 13 November 2023

Minggu, 12 November 2023

Hari, tanggal: Senin, 13) November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di sekolah (2)

Pembelajaran : 4

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPKn, PJOK

 


🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat memberikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan penuh kepedulian.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat menuliskan kewajiban dan hak  yang ada di sekolah dengan tepat.

  3. Dengan mempelajari PJOK, siswa dapat menentukan  satu kegiatan dan menuliskan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.


Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 2 pb 3 mengenai menentukan bilangan cacah pada pengurangan yang hasilnya sudah ditentukan dan sudah belajar macam macam makna gerakan tari. Selanjutnya anak anak akan melanjutkan materi tema 4 subtema 2 pb 4.


Now, let's check this video!! ><



🔖 Materi:

Menjaga kebersihan sekolah merupakan kewajiban bagi setiap warga sekolah agar sekolah menjadi tempat yang bersih, sehat dan nyaman untuk belajar. Kewajiban adalah sesuatu yang bisa dituntut secara paksa oleh orang yang berkepentingan. Jadi untuk mendapatkan sekolah sehat ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

🔎 Kewajiban Untuk Sekolah Sehat

  1. Menjaga Kebersihan Ruang Kelas

Dengan menjaga kebersihan ruang kelas harus dilakukan agar proses belajar mengajar menjadi lancar. Kewajiban ini bisa dilakukan dengan mengikuti jadwal piket kebersihan sesuai dengan aturan.

  1. Membersihkan Kamar Mandi Setelah

Kamar mandi yang kotor akan menyebabkan banyak bakteri yang menempel hingga sebabkan banyak masalah kesehatan. Jadi selalu bersihkan kamar mandi setelah selesai digunakan.

  1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Kewajiban lain yang harus dilakukan adalah membuang sampah pada tempatnya. Dengan sampah yang tertata di tempatnya, suasana lingkungan sekolah akan jadi lebih bersih dan sehat.

Anak-anak pun juga perlu mengerti tentang hak yang menjadi miliki semua orang. Hak merupakan suatu yang benar, milik, kewenangan, dan kekuasaan seseorang untuk berbuat sesuatu. Segala yang berkaitan dengan hak ini telah diatur dalam sebuah undang-undang atau peraturan. Sedangkan menurut pengertian lain, hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan oleh setiap individu. Bahkan hak tersebut sudah dimiliki sejak orang tersebut berada di dalam kandungan. Berikut beberapa hak yang didapat dengan adanya sekolah sehat.

🔎 Hak untuk Sekolah Sehat

  1. Belajar dengan Nyaman

Sekolah sehat adalah hak yang dimiliki semua penghuni sekolah termasuk semua siswa. Jadi semua siswa termasuk teman-teman akan memiliki hak untuk belajar yang nyaman di sekolah sehat.

  1. Lingkungan Sekolah Bersih

Sekolah sehat juga akan memberikan hak berupa lingkungan sekolah yang bersih. Lingkungan sekolah yang bersih, tentu akan membuat teman-teman nyaman bermain di sekitar sekolah.

Nah, itu tadi hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh anak-anak untuk mendapatkan sekolah sehat.


🔎 Sekarang bacalah teks berikut.

 Sekolah yang Sehat

Setiap anak wajib menjaga kebersihan dan kesehatan sekolah. Apabila sekolah bersih dan sehat, anak-anak pun dapat bermain dengan ceria. Mereka akan selalu bersemangat belajar. Akan tetapi, tidak semua sekolah merupakan sekolah yang sehat. 

Sekolah sebaiknya memiliki kantin yang selalu bersih. Tempat mencuci tangan sebaiknya tersedia di beberapa tempat. Tempat sampah sebaiknya ada di setiap sudut. Sekolah sebaiknya memiliki halaman tempat bermain. Toilet sekolah sebaiknya bersih dan wangi. Sekolah sebaiknya bersih dari jentik nyamuk dan asap rokok. Sekolah sebaiknya memiliki program menjaga kesehatan.

Setiap warga sekolah sebaiknya memiliki kebiasaan hidup sehat. Mereka harus sering mencuci tangan dengan air mengalir. Mereka harus rajin berolahraga. Mereka harus ikut menjaga kebersihan di setiap sudut sekolah.

Amatilah teks “Sekolah yang Sehat”! Garis bawahi kalimat yang menunjukkan masalah! Garis bawahi juga kalimat saran!

🔎 Selanjutnya yuk kita berdiskusi!


Hak adalah sesuatu yang kita peroleh/dapatkan sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus kita laksanakan. Anak anak sebagai siswa memiliki hak belajar di lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. 


🔎 Diskusikan dengan temanmu kewajiban dan hak di lingkungan sekolah yang sehat!

Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut!


Pemanfaatan waktu luang sebenarnya bukan hanya dikategorikan dengan beristirahat dan tidak melakukan aktivitas. Pengisian waktu luang dapat diisi dengan kegiatan yang tidak terlalu membebani tubuh, dalam artian tidak memforsir tubuh aktivitas fisik yang melelahkan karena diharapkan dengan kegiatan pemanfaatan waktu luang, tubuh dapat melakukan recovery (pemulihan) agar bisa terbebas dari rasa kelelahan. 

Berikut ini gambar cara mengisi waktu luang dilingkungan sekolah yang sehat.


Contoh :

Nama kegiatan: lompat tali

Manfaatnya : Dapat melatih otot bagian atas dan bagian bawah tubuh secara bersamaan. Selain membentuk banyak otot tubuh bagian atas dan bawah, manfaat lompat tali juga menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi, serta meningkatkan kebugaran. 

Tunjuk satu kegiatan yang paling kamu sukai selain kegiatan lompat tali!

Tuliskan manfaatnya untuk kesehatanmu!


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 2 pb 4 mengenai kewajiban dalam menjaga kebersihan di sekolah, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 


0 comments:

Posting Komentar