MATERI AJAR, SENIN, 6 NOVEMBER 2023

Minggu, 05 November 2023

 Hari, tanggal: Senin, 6 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di rumah (1)

Pembelajaran : 5

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPKn, MTK

 






🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) yang menyatakan permasalahan di sekolah dengan tepat.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mendata kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang selisihnya


Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 1 pb 4 mengenai kewajiban dan hak pada makanan dan hak dan kewajiban dalam beristirahat untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada pertemuan hari ini kita akan melanjutkan materi tema 4 subtema 1 pb 5 mengenai hak dan kewajiban kita dalam merawat dan menjaga tempat tinggal yang biasa kita sebut dengan rumah. Kamu wajib bersyukur memiliki tempat tinggal. Tempat tinggal akan melindungi dirimu dari bahaya. Kamu juga wajib merawat dan melindungi tempat tinggalmu. Apa saja kewajiban dan hakmu berkaitan dengan tempat tinggal?


Now, let's check this video!! ><


🔖 Materi:

Memiliki tempat tinggal adalah hak semua orang, tapi juga akan diikuti dengan beberapa kewajiban.

Memiliki tempat tinggal adalah hak semua orang, tapi juga akan diikuti dengan beberapa kewajiban. Hak dan kewajiban adalah dua hal yang harus saling beriringan. Kewajiban menurut KBBI adalah sesuatu yang diwajibkan, sesuatu yang diharuskan, atau suatu keharusan. Sedangkan hak adalah Kekuasaan untuk berbuat sesuatu, kekuasaan yang berhak atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu. Salah satu hak dan kewajiban kita adalah merawat dan menjaga tempat tinggal atau rumah kita.

Nah, berikut akan dijelaskan berbagai kewajiban dan hak yang dimiliki oleh semua orang terhadap tempat tinggalnya.

🔎 Kewajiban Terhadap Tempat Tinggal

  1. Bersyukur

Memiliki tempat tinggal adalah salah satu hal yang wajib untuk disyukuri. Dengan adanya tempat tinggal, kita bisa berlindung dari bahaya cuaca buruk dan kondisi lainnya.

  1. Sopan Santun

Kita tinggal di sebuah tempat tinggal tentunya tidak sendiri, ada anggota keluarga seperti ibu, ayah, kakak ataupun adik. Karena itu, kita harus selalu menjaga sopan santun dan berbicara dengan sopan kepada semua orang. Hal tersebut merupakan cara menghargai anggota keluarga.

  1. Merapikan dan Menata Rumah

Kita memiliki kewajiban untuk merawat tempat tinggal atau rumah. Hal tersebut merupakan wujud rasa syukur atas apa yang sudah dimiliki.

  1. Saling Menjaga, Melindungi, dan Menghargai

Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup sendiri, setiap manusia akan saling membutuhkan. Karena itu, kita wajib menjaga, melindungi, dan menghargai setiap orang yang tinggal bersama dari orang tua hingga saudara.

  1. Membayar Pajak

Kewajiban lain yang harus dilakukan adalah membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ada dua jenis pajak yang harus dibayarkan, yaitu pajak bangunan dan pajak bumi. anak-anak bisa mengingatkan orang tua di rumah untuk memenuhi kewajiban ini setiap tahunnya.

🔎 Hak Terhadap Tempat Tinggal

  1. Mendapatkan Tempat Tinggal

Setiap orang memiliki hak untuk memiliki sebuah tempat tinggal yang layak. Hak tersebut pun juga diatur dalam sebuah undang-undang atau peraturan pemerintah.

  1. Diperlakukan dengan Sopan

Setiap anggota keluarga yang tinggal di tempat yang sama akan memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sopan dari anggota keluarga lainnya.

  1. Rumah yang Bersih

Memiliki rumah yang bersih dan rapi merupakan hak semua orang. Namun, hak tersebut didapatkan harus dengan usaha dari pemiliknya sendiri yaitu dengan rajin membersihkannya. Selain itu, orang yang berkunjung pun harus menghargai hak tersebut dengan tidak membuang kotoran atau membuat kotor rumah orang lain. 

🔎  Baca dan amatilah teks berikut!


Setelah membaca dan mengamati teks di atas, garis bawahi kalimat yang menunjukkan saran! 

Tulislah saran lain untuk Udin dan Mutiara!

   

Setelah kalian mengetahui hak dan kewajiban apa saja yang ada dirumah. Sekarang kalian lihat teks berikut ini!

Contoh :

Batu bata yang sudah ada + Batu Bata yang akan dibeli = 980

560 + 420 = 980 batu bata


🔖 Contoh Soal

  1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal adalah contoh dari… (hak/kewajiban)

  2. Tenttukan kemungkinn penjumlahan berikut.

 ... + ... = 630 

230 + 400 = 630


🔖 Evaluasi

🔎 Kelompokkanlah Kalimat berikut kedalam contoh kewajiban dan hak di rumah.

  1. Mendapat rumah yang bersih dan rapi. (hak/kewajiban)

  2. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah. (hak/kewajiban)

  3. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai. (hak/kewajiban)

  4. Mendapat tempat tinggal. (hak/kewajiban)

  5. Bicara lembut dan sopan. (hak/kewajiban

🔎Buatlah lima kemungkinan penjumlahan dibawah ini!

  1. ... + ... = 980

  2. ... + ... = 980

  3. ... + ... = 980

  4. ... + ... = 980

  5. ... + ... = 980


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 1 pb 5 mengenai hak dan kewajiban pada tempat tinggal yang mana kita harus bersyukur karena masih diberikan tempat untuk berlindung. Jadi anak anak harus senantiasa menjaga dan merawat rumahnya ya agar rumahnya nyaman untuk ditempati bersama dengan ayah dan ibu serta keluarga kita lainnya. Setelah kita mengetahui materi tersebut mari kita laksanakan agar kita bisa mendapat manfaat lainnya. 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 


0 comments:

Posting Komentar