Materi ajar, Rabu, 15 November 2023

Selasa, 14 November 2023

Hari, tanggal: Rabu, 15 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di sekolah (2)

Pembelajaran : 6

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika

 



🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat memberikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan penuh kepedulian.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat menuliskan kewajiban dan hak  yang ada di sekolah dengan tepat.

  3. Dengan mempelajari Matematima, siswa dapat membuat pengurangan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.


Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 2 pb 5 mengenai kewajiban dan hak disekolah agar anak anak senang dilingkungan sekolah dan juga belajar menentukan pengurangan pada bilangan cacah yang hasilnya sudah diketahui. 


Kali ini kita akan mencari tahu apa saja hak dan kewajiban tentang berbicara. Jadi, kita akan mencari tahu apakah kita memiliki hak untuk berbicara, apa saja kewajiban kita dalam berbicara, apakah orang lain memiliki hak berbicara pula, dan bagaimana kita menghormati hak bicara orang lain. Nah, untuk mengetahui jawabannya, mari kita pelajari tema 4 subtema 2 pb 6 tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah.

Now, let's check this video!! ><



🔖 Materi:

Di kelas, kita memiliki hak dan kewajiban terkait berbicara.

Di kelas, kita memiliki hak dan kewajiban terkait berbicara.


Setiap orang berhak untuk berbicara. Tapi, hak ini tentu saja dimiliki dalam keadaan tertentu. Misalnya, dalam pembelaran, ketika kita tidak paham akan materi pelajaran yang sedang diajarkan, kita berhak untuk berbicara dan bertanya. Atau, jika materi yang diajarkan guru tidak sesuai dengan apa yang kita pahami, kita boleh juga berbicara dan menyanggah apa yang disampaikan oleh 

Namun hak berbicara itu tidak selalu kita miliki. Misalnya, ketika teman kita sedang mengemukakan pendapatnya, kita tidak boleh berbicara dan langsung memotong pembicaraannya. Kita baru berhak berbicara ketika ia sudah selesai mengungkapkan pendapatnya. Dengan begitu, kita bisa mendengar secara utuh dan jelas apa pendapat mereka.

Dengan kondisi seperti itu pula, kita jadi bisa memberi tanggapan dengan baik apa yang mereka sampaikan. Jadi begitulah hubungan hak dan kewajiban mengenai berbicara. Kita berhak untuk berbicara, tapi disisi lain kita memiliki kewajiban untuk memberi kesempatan bagi orang lain untuk berbicara. 

🔎 Nah, sekarang kita cari tahu apa saja peristiwa-peristiwa berbicara yang ada di sekolah, yuk!

  1. Pembelajaran di Kelas

Ketika guru sedang berbicara, kita wajib mendengarkannya. Kita harus ingat, bahwa yang mendengar guru berbicara bukan hanya kita, tapi juga teman-teman kita. Jadi, ketika guru sedang berbicara, sebaiknya kita mendengarkan dan tidak berbuat sesuatu yang sekiranya mengganggu. Misalnya mengobrol dengan suara yang keras. Selain mengganggu teman-teman kita yang sedang mendengarkan, guru pun bisa hilang konsentrasi sehingga lupa pada apa yang hendak disampaikan.

Namun, selain kewajiban mendengar, saat pembelajaran berlangsung pun kita memiliki hak untuk berbicara. Jadi, pada tiap akhir pembelajaran, biasanya akan ada sesi untuk kita bertanya terkait materi pelajaran yang disampaikan. Pada sesi inilah hak kita berbicara bisa digunakan. Kita memiliki hak untuk bertanya atau menyanggah pada saat pembelajaran."

  1. Berinteraksi dengan Teman

Ketika di sekolah, kita pasti berinteraksi dengan teman. Entah itu pada saat pembelajaran atau pada saat istirahat. Ketika kita bermain bersama teman, misalnya, mungkin ada yang usul untuk bermain bola, kejar-kerjaran, petak umpet, dan lain-lain. Ketika sedang berunding mengenai permainan yang hendak dimainkan, kita wajib menyilakan setiap orang untuk berbicara dan mengusulkan idenya. Di sisi lain, kita pun berhak untuk berbicara dan mengusulkan ide kita.

Itulah hak dan kewajiban tentang berbicara di sekolah. Sekarang, selesaikanlah pertanyaan di bawah ini!


🔖 Latihan 1

  Apa yang biasa kamu lakukan saat orang lain berbicara kepadamu?

Berdiskusilah dengan teman di sebelahmu!

Diskusikan apa yang harus dilakukan saat orang berbicara kepadamu!


Setiap orang memiliki kewajiban mendengarkan saat orang lain berbicara.Saat upacara di sekolah siswa mengikuti pembina upacara membacakan teks Pancasila. Mereka seharusnya mengikuti dengan suara senada. Kadang kala ada siswa yang mengikuti dengan suara nyaring, ada juga yang bersuara lembut. Jika pada saat upacara terdapat 580 anak mengikuti dengan suara lembut, berapa anak yang mengikuti dengan suara nyaring? Berapa jumlah anak keseluruhan? 

Contoh :

610 - 30 = 580


🔖 Latihan 2

Buatlah lima kemungkinan pada pengurangan tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 2 pb 6 mengenai tentang berbicara di sekolah,  semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 


 


0 comments:

Posting Komentar