MATERI AJAR, KAMIS, 9 NOVEMBER 2023

Rabu, 08 November 2023

 Hari, tanggal: Kamis, 9 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di sekolah (2)

Pembelajaran : 2

Muatan            : Bahasa Indonesia. PPKn, PJOK

 


🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat memberikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan penuh kepedulian

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  3. Dengan mempelajari PJOK, siswa dapat menjelaskan bentuk aktivitas pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.



Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 2 pb 1 mengenai hak dan kewajiban disekolah yang mana harus dilaksanakan dengan penuh semangat dan kita juga belajar tentang pengurangan yang hasilnya sudah diketahui serta belajar latihan gerakan kaki. 

Pada hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran nya dengan belajar tema 4 subtema 2 pb 2


Now, let's check this video!! ><


🔖 Materi:

Setiap orang memiliki kewajiban dan hak yang berbeda beda. Dan kalian sebagai siswa juga memiliki suatu kewajiban dan hak begitupun dengan bu guru. Selain siswa dan guru, ternyata warga sekolah yaitu semua orang yang ada dilingkungan sekolah seperti siswa, guru, kepala sekolah, pegawai tata usaha, petugas keamanan dan kebersihan, serta pengelola kantin. Karena itu, hak dan kewajiban ini harus dijalankan semua orang bukan hanya siswa.

Setelah anak anak menyimak materi hari ini, coba sekarang ayo kita membaca dengan nyaring!


Setelah membaca teks disamping, coba bagaimana keadaan sekolahmu saat ini? Apakah yang kamu inginkan? Apa yang harus kamu lakukan?


🔎 Amati kembali teks Sekolah yang Indah dan Rapi!

Bacakan kalimat-kalimat saran yang kamu temukan!


Jadi dapat disimpulkan dari teks disamping, bahwa menjaga keindahan dan kerapian sekolah adalah

kewajiban setiap anak atau siswa. Hak apa yang kamu dapatkan dari melaksanakan kewajiban disekolah  itu? 

Bu guru bagi kedalam beberapa kelompok untuk berdiskusi mengenai hak dan kewajiban yang ada sekolah. 

Selanjutnya dalam menjalankan aktivitas sekolah pasti ada waktu luangnya seperti setiap hari sabtu-minggu dan ketika waktu libur. Apa saja kegitan kalian dalam mengisi waktu luang?

🔎 Ceritakan kegiatan di waktu luang yang biasa kamu lakukan! Pastikan kegiatan itu dapat membuatmu sehat!







Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 2 pb 2 mengenai hak dan kewajiban disekolah yang mana harus dilaksanakan dengan penuh semangat dan kita juga belajar tentang menyelesaikan masalah bentuk aktivitas pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan. Setelah kita mengetahui materi tersebut mari kita laksanakan agar kita bisa mendapat manfaat lainnya. 

Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 

0 comments:

Posting Komentar