Materi Ajar, rabu, 17 Januari 2024

Selasa, 16 Januari 2024

 Hari, tanggal  : Rabu, 17 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema          : Keadaan Cuaca (1)

Pembelajaran   : 5

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika dan PPKn

 

 



 

 

A.  Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan           manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • PPKn
  • 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar. 

B.     Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa mampu memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik.

C.    Kegiatan Awal

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.

 

📌 Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita sudah mempelajari materi tentang mengenal beragam ciri khas dari daerah asal masing anak anak dan juga sudah belajar mengenai arti dan makna dari keadaan cuaca. Nah, hari ini kita masih akan mencari informasi tentang kedaan cuaca serta mempelajari pecahan sederhana dan sikap bersatu dalam keberagaman.  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 berikut ini.

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

📌 Lets check this video



Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat. Cuaca terjadi pada jangka waktu tertentu. Keadaan cuaca dapat berubah-ubah. Kemarin kita sudah mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan cuaca. Apa saja kosa kata yang berhubungan dengan cuaca? 

Iya benar ada langit, awan, matahari, hujan, mendung, cerah, dan basah. Sekarang tugas anak anak menuliskan kalimat dari kosa kata yang berhubungan dengan cuaca tersebut. 


contoh: 

Cerah

Saat cuaca cerah, Beni bermain bola di lapangan


Ayo, kita buat kalimat untuk kata-kata yang berhasil kamu dapatkan.

1. Langit 

.........................................................

2. Panas

.........................................................

3. Berawan

.........................................................

4. Dingin

.........................................................

5. Basah

.........................................................

6. Mendung

.........................................................

7. Hujan

.........................................................


Setelah mengerjakan membuat kalimat dari kosa kata cuaca, anak sholih-sholihah belajar mengenai bersatu dalam keberagaman Indonesia. Kemarin kita sudah belajar mengenal makanan khas daerah. Di Indonesia memiliki berbagai keberagaman, baik di antaranya keberagaman suku, budaya, dan hasil alam. Indonesia yang terdiri atas beberapa pulau membuat Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa yang berbeda-beda. 


Perbedaan adalah karunia dari Tuhan. Perbedaan menunjukkan bahwa kita bangsa yang kaya. Perbedaan hendaknya membuat kita makin bangga. Bangga menjadi anak Indonesia. Kita tetap harus saling menghormati. Kita juga harus

menjaga persatuan bangsa. 


Mari kita kerjakan Soal di bawah ini dengan jawaban yang benar untuk melatih pemahaman kalian. 

1. Tuliskan contoh keberagaman yang ada di Indonesia! 

2. Isilah tabel di bawah ini dengan suku yang telah kalian sebutkan dan lengkapilah keberagaman yang ada!

Suku bangsa

 

 

 

 

 

Bahasa daerah

 

 

 

 

 

Rumah Khas Daerah

 

 

 

 

 

Contoh lagu daerah

 

 

 

 

 

Contoh tarian daerah

 

 

 

 

 


Selanjutnya kita akan belajar menentukan nilai pada pecahan. 



 

📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:


Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang menyampaikan informasi dari kosa kata pada keadaan cuaca dan juga sudah belajar perbedaan keberagaman daerah asal masing-masing serta sudah belajar menentukan nilai pecahan. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 yaitu tentang membaca nyaring tentang cuaca, membandingkan pecahan dan menghormati perbedaan dalam keberagaman Indonesia.



📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 1 pb 5 mengenai cara menyampaikan informasi dari kosa kata pada keadaan cuaca serta mempelajari perbedaan keberagaman daerah asal masing-masing dan nilai pecahan . Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 


0 comments:

Posting Komentar