Materi Ajar, Rabu, 31 Januari 2024

Selasa, 30 Januari 2024

Hari, tanggal : Rabu, 31 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema         : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia (3)

Pembelajaran : 5

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP

 




 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • SBdp
  • 3.2 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 subtema 3 pb 4 yaitu tentang pengaruh perubahan cuaca. Nah untuk hari ini, kita akan melanjutkan materi kita yaitu mengenai keberagaman tari tradisional serta menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan pecahan Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 5 berikut ini..

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 


Lets check this video!!





📌 Materi Ajar



Sepulang sekolah,Sitimenonton berita ditelevisi. Pembawa acara menyampaikan prakiraan cuaca hari ini.Cuaca di daerah Siti diperkirakan hujan. Awalnya, Siti berencana bermain sepeda bersama Lani. Setelahmendengar prakiraan cuaca di televisi. Siti mengurungkan niatnya. Ia akan menelepon Lani untuk membatalkan rencana mereka.


Simaklah percakapan di telepon antara Siti dan Lani. Lengkapi kalimat yang rumpang dengan kata yang ada pada kotak di bawah ini!



Perubahan cuaca dapat terjadi setiap saat. Terkadang kita sudah merencanakan sesuatu. Akan
tetapi, mungkin tidak dapat kita lakukan. Hal ini disebabkan cuaca yang tidakmendukung.
Pernahkah kamu mengalami hal yang sama seperti Siti dan Lani?


📌  Ayo Berlatih!

Buatlah percakapan bersama tiga temanmu. Percakapan tentang rencana yang berubah dikarenakan perubahan cuaca. Sebelum memulai percakapan, buatlah daftar pertanyaannya terlebih dahulu.

Daftar pertanyaan dapat kamu buat seperti berikut.
1. Apa yang akan kamu lakukan?
2. Bersama siapa saja rencana itu akan dilakukan?
3. Kapan rencana tersebut dilakukan?
4. Dimana akan dilakukannya?
5. Mengapa tidak jadi dilakukan?
6. Bagaimana solusinya?
Susunlah hasil percakapan kalian di bawah ini.




📌  Ayo Mengamati!


Selain hobi membaca, Siti juga suka menari. Ayah menghadiahi Siti sebuah buku. Buku itu bercerita tentang tarian tradisional Indonesia.

Tahukah kamu tarian apa saja yang ada di Indonesia?




Tarian Nusantara sangat beragam. Kita boleh mempelajarinya. Tidak selalu harus sesuai
dengan daerah asal kita. Boleh dari berbagai daerah.


📌  Ayo Berlatih!



Berlatihlah satu tarian Nusantara. Kalian dapat belajar dari teman. Dapat juga dengan orang tua teman yang pandai menari. Atau, belajar melalui video. Cintailah budaya nusantara kita.

Latihan menari sungguh menyenangkan. Ini dapat dijadikan kegiatan alternatif di saat hujan. Selesai berlatih, Siti beristirahat sejenak. Siti menikmati buah semangka yang telah disiapkan oleh Ibu. Satu buah semangka, awalnya dipotong menjadi 2 bagian. Lalu dipotong lagi menjadi 4 bagian. Siti baru memakan seperempat bagian. Ia akan melanjutkan
seperempat bagian lagi setelah makan malam.

Pernyataan di atas dapat kita tulis dalam bentuk operasi matematika.

Selesaikanlah soal-soal di bawah ini. Lakukan dengan menulis bentuk operasi matematika. Lalu tentukan hasilnya!
  1. Seorang petani memiliki sepetak sawah.Ia mencangkul 1 bagian sawah. Kemudian, ia 2 mencangkul lagi 4 bagian sawah. Berapa bagian sawah yang telah dicangkul petani?
  2. Beni memiliki pohon rambutan yang sedang berbuah. Beni berhasil memetik  Sementara ayah berhasilmemetik keranjang. Berapa jumlah rambutan yang berhasil dipetik Beni dan ayah? 
  3. Ibu dan Siti akan membuat kue bolu. Ibu menghabiskan 3 kg tepung untuk satu loyang kue bolu. Ibu akan membuat 3 loyang kue bolu. Berapa jumlah tepung yang ibu butuhkan untuk loyang kue bolu?
  4. Edo memiliki tali dengan panjang 1/5 m. Sementara, Beni memiliki tali dengan panjang 5 m. Lani memiliki tali dengan panjang 3 m. Udin memiliki tali dengan panjang 5 m. Berapakah panjang tali Edo dan Beni? Berapa pula panjang tali Lani dan Udin? Tali siapakah yang lebih panjang?
  5. Ibu memiliki 1 kg telur di rumah. Untuk 1 persediaan, ibu membeli lagi 4 kg telur. Pulang dari kantor, ayah membawakan 2 kg telur untuk ibu. Berapa kg jumlah telur ibu sekarang?


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang keberagaman tari tradisional serta menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan pecahan. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 56 dengan materi utama yaitu pengaruh perubahan cuaca terhadap kegiatan sehari-hari.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 3 pb 5,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^




0 comments:

Posting Komentar