Materi Ajar, Rabu, 24 Januari 2024

Selasa, 23 Januari 2024

Hari, tanggal : Rabu, 24 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema         : Perubahan Cuaca (2)

Pembelajaran : 5

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika dan PPKn

 

 



 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • PPKn
  • 3.4 Memahami contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik.


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar tentang keadaan cuaca dengan menuliskan keadaan cuaca yang pernah dialami dan juga sudah belajar mengenai keberagaman dari daerah masing masing sesuai dengan asal usul orang tua anak anak. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia serta mempelajari cara membandingkan pecahan. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 berikut ini.

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Lets check this video

 




📌 Materi Ajar

 

Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu. Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan. Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari. Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa. Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin. Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.

📌  Ayo Membaca!


"Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?"


Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi

seperti ini. Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering. Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal agar tubuh tidak kedinginan. Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat.Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat.


📌  Ayo Menulis!


Dapatkah kamu menyusun informasi dari berita yang didengar oleh Lani? Bacalah sekali lagi teks berita yang diceritakan Lani. Diskusikanlah dengan temanmu. Lalu, susun informasi yang kamu peroleh dari teks berita tersebut. Tuliskan informasi tersebut pada tempat yang

telah disediakan.



📌  Ayo Mengamati!


Perhatikanlah gambar di atas. Tuliskan pentingnya bersatu dalam keberagaman.!



📌  Ayo Berlatih!


Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.

Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakah yang lebih besar? Perhatikan gambar berikut ini.

Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama: “Makin besar pembilangnya, makin besar nilai pecahan tersebut.”


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang perubahan cuaca, pecahan dan dinamika gerak tari.. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 2 dengan materi utama hyaitu perubahan cuaca.  

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 2 pb 5 mengenai pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia, serta membandingkan pecahan, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

0 comments:

Posting Komentar