Materi Ajar, Selasa, 23 Januari 2024

Senin, 22 Januari 2024

Hari, tanggal : Selasa, 23 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema         : Perubahan Cuaca (2)

Pembelajaran : 3, 4

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP

 

 



 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan           manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • SBdP
  • 3.3 Memahami dinamika gerak tari

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat lambat kepala dengan benar.


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar tentang keadaan cuaca dengan menuliskan keadaan cuaca yang pernah dialami dan juga sudah belajar mengenai keberagaman dari daerah masing masing sesuai dengan asal usul orang tua anak anak. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia serta mempelajari dinamika gerak tari. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4 berikut ini.

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Lets check this video

 




📌 Materi Ajar

 

Sejak pagi hingga siang hari, hujan turun. Sore ini hujan telah reda, cuaca terlihat mendung. Dayu, Lani, Beni, Edo, dan Udin pergi ke rumah Siti. Mereka akan belajar bersama. Merekamembawa payung.Bersiap sedia jika sewaktu-waktu hujan turun kembali. Siti telah menunggu kedatangan teman-temannya. Siti menyuguhkan dua kotak kue rasa cokelat dan vanila.



📌  Ayo Berlatih!

Sekarang bandingkan potongan kue tersebut. Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil?Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia.

Apakah kamu sudah dapat membandingkan potongan bagian kue cokelat dan vanila? Sekarang, kita akan memotong kue cokelat itu lebih kecil. Lalu, kita bandingkan lagi, ya.

Siti memotong setiap ½ bagian kue cokelat tadi. Setiap potongan kue cokelat menjadi 2 bagian yang sama besar. Kuenya menjadi 4 bagian sama besar seperti berikut.

Siti memotong setiap 1/3 bagian kue vanila. Setiap bagian tersebut dipotong menjadi 2 bagian yang sama besar. Kue vanila menjadi 6 bagian seperti berikut.

Sekali lagi, bandingkan potongan-potongan kue tersebut. Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil?Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia.



Nah, bagaimana,apakah kamu sudah paham? Ini Namanya perbandingan pecahan dengan pembilang yang sama. Manakah pecahan yang nilainya lebih besar? Manakah pecahan yang nilainya lebih kecil? Apakah kesimpulannya? Mari kita amati sekali lagi.

Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat dan kue vanila berikut.

Lambang bilangan pecahan di atas memiliki pembilang yang sama, yaitu 1. Namun, bilangan penyebutnya berbeda-beda. Jadi untuk pecahan dengan angka pembilang sama: “Makin besar angka penyebutnya, makin kecil nilai pecahan tersebut.” 


📌  Ayo Membaca!

"Dampak Perubahan Cuaca"

Akhir-akhir ini cuaca seakan-akan tak menentu.

Suhu udara pada siang hari terasa sangat panas.

Namun, pada malam hari, suhu udara terasa

dingin. Keesokan harinya, hujan pun turun.

Perubahan cuaca yang sangat cepat disebut

cuaca ekstrem. Cuaca ini dapat mengakibatkan

tubuh mudah terserang penyakit.


Penyakit yang biasa muncul pada cuaca ekstrem, antara lain. 

  1. Flu. Jika kondisi tubuh lemah atau kurang sehat, orang dapat terserang flu. 
  2. Mimisan. Jika udara terlalu panas, orang akan mudah mimisan. 
  3. Sesak napas. Suhu udara yang berubah cepat dapat menyebabkan sesak napas.

Penyakit-penyakit seperti ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Berikut cara-cara agar terhindar dari peyakit akibat cuaca yang ekstrem. 

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh Berolahraga yang cukup dapat menjaga kebugaran tubuh. Hindari Kontak Langsung Sinar Matahari 
  2. Gunakan pakaian lengan panjang. Hal ini agar kulit terlindung dari sinar matahari langsung. 
  3. Gunakan Masker Di sekitar kita banyak debu. Sebaiknya, kita menggunakan masker. Khususnyapengendara roda dua.

Nah, untuk itu kita harus selalu waspada. Macam-macam penyakit dapat muncul karena cuaca ekstrem.

 

📌  Ayo Berlatih!

Temukan istilah khusus pada artikel tentang dampak perubahan cuaca. Perhatikan kata-kata yang dicetak tebal. Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu.


📌
  Ayo Menari!

Masih ingatkah kamu dengan Tari Burung Kutilang yang sudah dipelajari sebelumnya? Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih Tarian Burung Kutilang.


Apakah kamu dapat melakukan gerakan tari Burung Kutilang? Gerakan mana yang paling kamu senangi? Gerakan mana yang paling sulit kamu ikuti? Adakah gerakan yang ingin kamu ubah?


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang perubahan cuaca, pecahan dan dinamika gerak tari.. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 2 dengan materi utama hyaitu perubahan cuaca.  

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 2 pb 3 dan 4 mengenai cara pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia, pecahan, serta dinamika gerak tari. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

0 comments:

Posting Komentar