Materi Ajar, Senin, 29 Januari 2024

Minggu, 28 Januari 2024

 Hari, tanggal : Senin, 29 Januari 2024

Kelas               : 3A

Tema               : Cuaca (5)

Subtema         : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia (3)

Pembelajaran : 2 dan 3

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP

 




 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.4 Mengeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
  • SBdp
  • 3.2 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 subtema 3 pb 1 yaitu tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia serta mempelajari unsur-unsur karya dekoratif dan penjumalahn pecahan. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 5 subtema 3  pb 2 dan 3 yaitu tentang menemukan informasi pada surat, menyelesaikan soal cerita pecahan, dan karya dekaratif. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 dan 3 berikut ini..

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Lets check this video

 



📌 Materi Ajar

 

Siti mengajak teman-teman berdiskusi.Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya. Perhatikan percakapan mereka berikut ini!



Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.


📌  Ayo Membaca!


Beni meminta teman-teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin. Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya yang sedang sakit.



Apa yang Udin ceritakan pada surat di atas? Hujan yang tak kunjung berhenti, bukan Tahukah kamu dari mana asal hujan? Dan ke mana perginya air hujan? Perhatikan gambar di bawah ini!



Bagaimana hujan terjadi? Susunlah gambar sehingga menjadi urutan yang tepat!



Isilah kotak dengan nomor urut gambar yang tepat.



📌  Ayo Menulis!


Menulis dapat membantumu memahami sesuatu. Hasil dari membaca akan makin mudah dipahami. Caranya dengan menuliskan informasi yang kita dapat dari bacaan. Rajin-rajinlah menuliskan hasil bacaanmu.Menulislah dengan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.


Tulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.




Perubahan cuaca tak hanya berpengaruh pada hasil panen. Akan tetapi, juga berpengaruh pada alat transportasi. Saat cuaca hujan, mobil, angkutan kota, bahkan bus akan melaju dengan pelan. Sore itu, Lani akan pergi ke rumah Opa.Ia berangkat naik bus bersama Mama. Perjalanan ditempuh seperempat hari. Cukup lama dan membuat Lani bosan.Lanimenulissoal-soal pecahan.Ini dilakukan untuk mengusir rasa bosannya. Apakah kamu dapat memecahkan soal-soal pecahan buatan Lani?


📌  Ayo Berlatih!


Yuk, kita coba selesaikan bersama!

1. Di dalambus, Lanimembuka bekalmakanannya. Lani membawa kue lapis yang sudah dipotong menjadi 10 bagian sama besar. Lani makan 3 potong kue. Mama makan 2 potong kue. Berapa bagian kue yang dimakan Lani dan Mama?

2. Lanimembawa bekal buah apel. Satu buah apel dipotong menjadi 8 bagian. Lani makan 4 bagian. Papa makan 2 bagian. Berapa bagian buah apel yang dimakan Lani dan Papa?

3. Sebelumberangkat, Mamamenggoreng pempek lenjer. Satu lenjer dipotong menjadi 6 bagian. Lani makan 2 potong. Mama juga makan 2 potong. Berapa potong pempek lenjer tersisa untuk Papa?
4. Saat haus, Lani minum air putih dari sebuah botol air mineral. Lani baru meminum seperempat air dalam botol. Mama pun minum seperempat air dalam botol. Berapa banyak air yang telah diminum oleh Lani dan Mama?


📌
  Ayo Membaca!



📌  Ayo Mengamati!

Carilah kata-kata di bawah ini!

Berapa kata yang dapat kamu temukan? Carilah makna kata yang belum kamu pahami.

📌  Ayo Berkreasi!

Lani senang mendengarkan cerita Opa. Lani juga senangmelihat koleksilukisanOpa.Banyak sekali gambar yang indah. Opa senang sekali melukis. Lukisannya kebanyakan gambar dekoratif khas Sulawesi.
Motif-motif indah terdapat dalam dekorasi rumah adat suku Toraja.

Perhatikanlah motif-motif tersebut dengan saksama. Kamu akan melihat pola garis pada suatu bidang tertentu.


Buatlah gambar dekoratif menggunakan pola garis yang berulang. Berilah warna agar hasil gambarmu lebih indah.


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang menemukan informasi pada surat, menyelesaikan soal cerita pecahan, dan karya dekaratif. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 4  dengan materi utama yaitu pengaruh perubahan cuaca terhadap kegiatan sehari-hari.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 3 pb 2 dan 3,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^


0 comments:

Posting Komentar