Materi ajar, Jum'at, 17 November 2023

Kamis, 16 November 2023

Hari, tanggal: Jumat, 17 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (3)

Pembelajaran : 2

Muatan            : Bahasa Indonesia, PP

 




🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan atau kalimat saran, dengan tepat.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa mampu membuat mengidentifikasi hak dan kewajban dalam bertetangga


Hal.lo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 3 pb 1 tentang Kewajiban dan Hakku dalam bertetangga. Apakah anak sholih sholihah masih ada yang ingat apa itu tetangga? Iya tetangga adalah orang yang tinggal didekat rumah kita. Yang mana karena kita adalah makhluk sosial jadi berkewajiban untuk bertetangga dengan baik yaitu dengan bersikap ramah kepada tetangga kita atau bisa dengan bermain bersama tetangga kita yang memiliki usia yang sebaya. Pada hari ini kita akan melanjutkan materi kita yaitu tema 4 subtema 3 pembelajaran 2.


Now, let's check this video!! ><




🔖 Materi:

Tetangga

Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan tetangga. Karena tetangga adalah saudara dekatku. 

Amati kembali teks "Tetangga"! 

Bacakan kembali kalimat yang menunjukkan saran! 

Kalimat saran pada teks yaitu: 

Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan tetangga. Karena tetangga adalah saudara dekatku. 



Ayo Membaca

Lani dan ibunya berkunjung ke rumah tetangga barunya. Ibu Lani ingin menyambut kehadiran mereka.  Ibu Lani sudah mengunjungi tetangga barunya. 

Apa yang sebaiknya dilakukan oleh tetangga baru Lani?

Berilah beberapa saran untuk teks diatas!


Setelah Lani dan ibunya berkunjung, tetangga Lani sangat senang dikunjungi Lani dan keluarganya. Mereka merasa wajib menghargai tamunya. Mereka ingin menjamu tamu dengan baik. Di rumah mereka ada beberapa jenis makanan. Amati gambar makanan yang disuguhkan tetangga baru Lani!

Ayo Berdiskusi

Amati gambar makanan di atas!

Manakah makanan yang sehat untukmu?

Buatlah kelompok!

Diskusikan mengapa kamu harus memilih makanan baik!

Diskusikan manfaat memilih makanan bergizi untuk kesehatanmu! Ceritakan hasil diskusimu di depan kelas! 


Setelah kemarin kita mengetahui bahwa kita berkewajiban berbuat baik dan bermain dengan tetangga kita maka hak yang kita dapatkan adalah mendapat bantuan dari tetangga. Hak adalah sesuatu yang didapatkan sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan. 

Tahukah kamu kewajiban yang harus kamu lakukan berkaitan dengan bermain? Apa sajakah itu?

Sebutkanlah!

Simaklah kalimat-kalimat berikut! Tulislah huruf (w) jika itu kewajiban, dan huruf (h) jika hak!

No

Pernyataan

W (wajib) atau H (hak)

1.

Mendapat bantuan

 

2.

Mengikuti aturan main

 

3.

Antri menunggu giliran

 

4.

Mendapat kesempatan bermain

 

5.

Merapikan alat main

 

6.

Berbicara perlahan

 

7.

Berbagi

 

8.

Diperlakukan adil

 

9.

Menerima kekalahan

 

10.

Menghargai teman bermain

 


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 3 pb 2 mengenai hak dan kewajiban dalam bertetangga, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 

0 comments:

Posting Komentar