Materi ajar, Kamis, 16 November 2023

Rabu, 15 November 2023

 Hari, tanggal: Kamis, 16 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (3)

Pembelajaran : 1

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

 




🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan atau kalimat saran, dengan tepat.

  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa mampu membuat perkalian dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.

  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan tepat.


Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 2 pb 6 mengenai kewajiban dan hak tentang berbicara serta kita juga belajar cara menentukan pengurangan pada bilangan cacah yang hasilnya sudah diketahui. 


Kali ini kita akan mencari tahu apa saja hak dan kewajiban dalam bertetangga.  Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan saling membutuhkan. Maka dari itu, manusia hidup bertetangga dengan yang lainnya. Oleh karena itu, terdapat hak dan kewajiban bertetangga agar tercipta hubungan yang harmonis. Apa sajakah contoh dari hal tersebut? Mari kita pelajari tema 4 subtema 3 pb 1 tentang Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga.

Now, let's check this video!! ><



🔖 Materi:

Ilustrasi hak dan kewajiban bertetangga. Foto: Unsplash/Asso Myron

Ilustrasi hak dan kewajiban bertetangga. Foto: Unsplash/Asso Myron

Tetangga merupakan orang-orang terdekat yang hidup berdampingan dengan kita sehingga merekalah yang pertama kali membantu jika kita mengalami masalah. Kita sebagai sesama warga yang hidup berdampingan harus menjaga hubungan baik agar tercipta hidup yang rukun. Kerukunan bertetangga dapat tercipta jika orang-orang memenuhi dan melaksanakan hak dan kewajiban masing-masing.

Contoh bentuk hak dalam bertetangga di antaranya:

  1. Menggunakan fasilitas umum yang tersedia.

  2. Mendapatkan lingkungan yang tenang, aman, dan nyaman.

  3. Dapat mengemukakan pendapat saat bermusyawarah.

Sedangkan Kewajiban yang paling utama di dalam hidup bertetangga adalah menjunjung toleransi. Dengan toleransi, hak-hak kita dalam bertetangga dapat terpenuhi seperti kehidupan aman, tentram, dan sejahtera. Kita juga tidak boleh melakukan hal yang gaduh untuk menjaga ketenangan agar tetangga dapat pula menjaga ketenangan hidup kita.

Kewajiban lain dalam kehidupan bertetangga yakni:

  1. Bergotong royong.

  2. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

  3. Menjaga sopan santun dengan para tetangga.

  4. Saling membantu jika tetangga terkena musibah.

Contoh Penerapan Hak dan Kewajiban Bermasyarakat

  1. Apabila ingin hidup sehat, setiap individu wajib menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan dan sebagainya.

  2. Apabila ingin dihormati, setiap individu harus memiliki sikap sopan dan santun.

  3. Meskipun diperbolehkan menggunakan fasilitas yang ada, namun tetap harus dipelihara agar orang lain tetap bisa memanfaatkannya.

  4. Apabila rumahnya tidak ingin diterpa banjir, maka janganlah membuang sampah sembarangan dan juga selalu menjaga aliran sungai dan selokan agar tidak tersumbat.

  5. Jika ingin beribadah dengan aman dan khusyuk, maka bertoleransi lah kepada orang lain. Apalagi jika memiliki perbedaan keyakinan.

Kehidupan bertetangga memang tidaklah mudah. Namun dengan kehidupan bertetangga kita mendapatkan banyak kemudahan dengan sedikit berkorban untuk bisa menghargai.


🔖 Latihan 1

Bacalah pernyataan berikut! Berilah saran!

  1. Lani mempunyai tetangga baru. Lani belum mengenalnya. Apa saranmu untuk Lani?

  2. Tetangga Lani baru saja menempati rumah barunya. Dia belum berkenalan dengan tetangganya. Apa saranmu untuknya?

  3. Lani harus dapat memulai perkenalan. Lani belum tahu cara memulai perkenalan. Apa saranmu?

  4. Lani bertemu dengan ibu Dayu di jalan. Apa yang seharusnya Lani lakukan?

  5. Senangkah kamu mempunyai tetangga? Apa yang seharusnya kamu lakukan kepada tetanggamu?



Lani dan ibunya ingin berkunjung ke rumah tetangga baru mereka. Ibu membuat kue bawang untuk dibawa. Jumlah kue bawang ibu sebanyak 800 batang. Ibu meletakkan kue bawang ke dalam empat buah toples. Masing-masing toples terisi kue bawang yang sama banyak. Berapa kemungkinan toples yang digunakan? Berapa isi kue bawang di masing-masing toples?

JAWAB:

Bila ibu membeli 10 buah toples, berapa isi masing- masing toples?

10 x 80 = 800


Maka jawabannya adalah: 80. Jadi, masing-masing toples berisi 80 buah kue bawang.


🔖 Latihan 2

Tuliskan kemungkinan lainnya!

Ingatlah bahwa setiap toples harus terisi kue bawang yang sama banyak.

  1. … x … = 800

  2. … x … = 800

  3. … x … = 800

  4. … x … = 800

  5. … x … = 800


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 3 pb 1 mengenai hak dan kewajiban dalam bertetangga, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 

0 comments:

Posting Komentar