Materi ajar, Rabu, 22 November 2023

Selasa, 21 November 2023

 Hari, tanggal: Rabu, 22 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (3)

Pembelajaran : 5

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPKn, 

Matematika



🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan atau kalimat saran, dengan tepat.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa mampu menceritakan  pengalaman sehari-hari berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga dengan percaya diri 

  3. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat  menentukan dua bilangan yang hasil kalinya diketahui dengan tepat.



 

Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 3 pembelajaran 4 mengenai kewajiban dan hakku dalam bertetangga untuk menjaga lingkungan dengan bersih. Nah anak-anak, pada hari ini kita akan melanjutkan materi kita yaitu tema 4 subtema 3 pembelajaran 5.


Now, let's check this video!! ><



🔖 Materi 

Selain belajar mengenai kewajiban dan hak dalam bertetangga menjaga lingkungan yang bersih, ternyata masih ada kewajiban hak bertetangga yang lain yaitu memelihra hewan peliharaan. 

Apabila ada yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau ayam, pemilik hewan tersebut berkewajiban untuk menjaga hewan peliharaannya dengan baik. Jangan sampai kotoran hewan peliharaan mengotori lingkungan sekitar rumah tetangga. Hewan peliharaan harus dijaga dengan baik agar tidak mengganggu lingkungan.

Ayo Membaca

Ibu Siti sedang membersihkan teras depan rumahnya. Lantai tampak kotor dan berbau tidak sedap. Ada kotoran ayam di lantai. Sejak pagi sudah tiga kali ibu membersihkan teras. Keluarga Siti tidak memelihara ayam. Ayam tetangga sering masuk ke rumah Siti. Ayam itu juga masuk ke rumah yang lain. Jika kita memiliki hewan peliharaan, kita wajib menjaganya dengan baik. Hewan peliharaan dijaga dengan baik agar tidak mengganggu lingkungan. Apabila kita memiliki hewan peliharaan, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, jangan membiarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas di lingkungan. Kedua, memberi makan dan minum yang cukup dengan teratur. Ketiga, menyediakan kandang untuk tempat hewan peliharaan. Keempat, membersihkan hewan peliharaan dan kandangnya secara teratur. Hewan peliharaan yang dijaga dengan baik, membuat lingkungan menjadi nyaman.


🔎 Latihan 

Amati teks tentang masalah hewan peliharaan!

Temukan kalimat penyelesaian masalah yang ada titik titik dibawah ini! 

Tulislah kalimat penyelesaian masalah pada teks!

1. Sebaiknya jangan membiarkan hewan perliharaan berkeliaran bebas di lingkungan karena dapat mengganggu lingkungan sekitar

2. ____________________________________________

3. ____________________________________________

4. ____________________________________________

5. ____________________________________________


Setiap orang wajib menjaga kenyamanan lingkungan. Apabila kita memiliki hewan peliharaan ada kewajiban yang harus dilakukan. 

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti gambar di bawah ini?

Ceritakan pengalamanmu di depan kelas tentang memelihara hewan peliharaan!

Ceritakan juga kewajiban kita jika memiliki hewan peliharaan!

Berikut cara menjaga hewan peliharaan dengan baik:

1. Jangan membiarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas di lingkungan.

2. Memberi makan dan minum yang cukup dengan teratur.

3. Menyediakan kandang untuk tempat hewan peliharaan.

4. Membersihkan hewan peliharaan dan kandangnya secara teratur.

Hewan peliharaan yang dijaga dengan baik, membuat lingkungan menjadi nyaman


Selanjutnya kita belajar matematika ya anak sholih sholihah. 

Dayu memiliki banyak kelinci. Dayu tidak ingin kelincinya berkeliaran dan mengganggu tetangga.

Dayu ingin membuat kandang untuk kelincinya. Dayu membutuhkan banyak bambu. Ayah Dayu memiliki 600 batang bambu. Berapa kira-kira kandang yang dapat dibuat Ayah Dayu. Berapa batang bambu yang dibutuhkan Ayah Dayu untuk satu kandangnya?

Jumlah bambu seluruhnya 600 batang. Jika ayah Dayu membuat 10 kandang, maka untuk setiap kandang hanya dapat menggunakan 60 batang bambu. 

600 = 10 x 60


🔎 Latihan 

Buat alternatif jumlah kandang yang berbeda dengan hasil kali 600!

1. 600 = ... x ...

2. 600 = ... x ...

3. 600 = ... x ...

4. 600 = ... x ...

5. 600 = ... x ...




Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 3  pb 5 mengenai Kewajiban dan Hak dalam bertetangga,  semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu muroja'ah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 


 


0 comments:

Posting Komentar