Materi ajar, Selasa, 21 November 2023

Senin, 20 November 2023

 Hari, tanggal: Selasa, 21 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (3)

Pembelajaran : 4

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPKn

 


🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan atau kalimat saran, dengan tepat.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa mampu menceritakan  pengalaman sehari-hari berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga dengan percaya diri 



Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 3 pb 3 tentang Kewajiban dan Hakku dalam bertetangga. Serta kita juga telah mempelajari dan membuat karya dekoratif. Nah anak-anak, pada hari ini kita akan melanjutkan materi kita yaitu tema 4 subtema 3 pembelajaran 4.


Now, let's check this video!! ><





🔖 Materi 

Sebelum kita mencari tahu apa saja kewajiban dengan para tetangga, kita cari tahu dulu alasan mengapa berbuat baik dengan tetangga itu perlu. Tetangga merupakan orang yang hidup satu lingkungan dengan kita. 

Secara geografis, jarak rumah kita dengan rumah tetangga tidaklah jauh. Karena letak yang berdekatan inilah hubungan kita dan tetangga itu harus baik. Dengan hubungan yang erat antara kita dan tetangga, lingkungan tempat tinggal kita menjadi terasa lebih aman dan nyaman. Sebaliknya, kalau kita tidak memiliki hubungan yang baik dengan para tetangga kita, kita akan hidup dengan tidak nyaman di lingkungan tempat tinggal kita. Hubungan yang erat dengan tetangga juga bisa membuat kita lebih mudah jika mengalami suatu masalah. 

Ayo Membaca

Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan adalah kewajiban kita. Lakukanlah dengan cara yang santun.


🔎 Latihan 

Amati kembali teks yang berjudul Aku Ingin  Lingkungan Bersih! Tuliskan masalah dan penyelesaiannya pada tabel berikut!

Setiap orang menginginkan lingkungan bersih. Apakah kamu pernah mempunyai masalah kebersihan di lingkunganmu? Bagaimana penyelesaiannya?

Bekerjalah dalam kelompok! Tentukan satu masalah yang pernah dialami anggota kelompokmu! Lalu sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!

Beri kesempatan kepada semua anggota untuk mengeluarkan pendapatnya!


Setelah kalian belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah dalam kewajiban dan hak bertetangga, anak anak sekarang belajar apa saja kewajiban dan hak dalam bertetangga agar lingkungan menjadi bersih. 


Bacalah teks berikut.

Hidup bertetangga sangat menyenangkan. Kita dapat bertemu dengan tetangga di banyak kesempatan. Setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih. 

Hak adalah sesuatu yang didapatkan oleh setiap orang sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan.


🔎 Latihan 

Uraikan kewajiban dan hak tentang lingkungan rumah yang bersih! Tuliskan pada tabel berikut!



Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 3  pb 4 mengenai Kewajiban dan Hakku dalam bertetangga,  semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu muroja'ah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 


 


0 comments:

Posting Komentar