Materu Ajar, Rabu, 8 November 2023

Selasa, 07 November 2023

 Hari, tanggal: Rabu, 8 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di sekolah (2)

Pembelajaran : 1

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP.

 




🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat memberikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan penuh kepedulian

  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat membuat  pengurangan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan benar.

  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi gerakan kaki dalam suatu tari.



Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 1 pb 6 mengenai hak dan kewajiban pada tempat tinggal yang harus senantiasa kita menjaga dan merawat rumahnya ya agar rumahnya nyaman untuk ditempati bersama dengan ayah dan ibu serta keluarga kita lainnya. Maka dari itu penting setiap anggota keluarga untuk melakukan hak dan kewajibannya sehingga terasa ringan mengerjakan tugas dirumah. Selanjutnya kita lanjutkan materi tema 4 subtema 2 pb 1.


Now, let's check this video!! ><




🔖 Materi:

Sekolah adalah tempat anak-anak belajar. Sekolah tempat anak-anak belajar agar mendapat banyak pengetahuan. Di sekolah anak-anak bertemu dengan ibu guru yang selalu ramah. Anak-anak juga bertemu banyak teman. Mereka saling menghargai dan menghormati. Mereka melaksanakan kewajiban dan hak dengan penuh semangat. Anak-anak pintar adalah harapan orang tua. Apa yang dapat dilakukan agar menjadi anak yang pintar?


🔎 Bacalah dengan nyaring!



Amati teks “Rahasia Anak Pintar”!

Garis bawahi kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah! Sebutkanlah!


Selanjutnya kita belajar Ayo Berlatih setelah membaca teks diatas. 

Beni membantu Ibu Guru merapikan lemari kelas. Ia melihat persediaan kertas kelas yang tinggal sedikit. Semula tersedia 500 lembar kertas. Sisa kertas hanya 40 lembar. Waktu belajar masih tiga bulan. Mereka membutuhkan kertas untuk beberapa kegiatan kelas. Beni berpendapat mereka wajib menghemat kertas. Haruskah ibu guru membeli kertas baru? Apa saranmu? 

Saranmu: ..............................................................


Bantulah Beni menentukan banyak kertas di awal dan yang terpakai.

Perhatikan contoh berikut: 

kertas tersedia         kertas terpakai             kertas tersisa

500               -     460                     =     40


🔎 Buatlah lima kemungkinan lain! Tentukan banyak kertas di awal! Tentukan banyak kertas terpakai!

1. ... - ... = 40

2. ... - ... = 40

3. ... - ... = 40

4. ... - ... = 40

5. ... - ... = 40


🔎 Latihan Gerakan Kaki

  1. Tegak berdiri, lalu berputar ke kanan dengan berjalan perlahan 8 hitungan

  2. Meloncat ke kiri 2 kali, lalu berputar ke kiri 4 hitungan. Meloncat ke kanan 2 kali, lalu berputar ke kanan 4 hitungan. Ulangi gerakan sampai 4 hitungan

  3. Kembali ke gerakan pertama

  4. Kamu dapat menciptakan gerakan kaki sesuai keinginanmu 


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 2 pb 1 mengenai hak dan kewajiban disekolah yang mana harus dilaksanakan dengan penuh semangat dan kita juga belajar tentang penguranagan yang hasilnya sudah diketahui serta belajar latihan gerakan kaki.  Setelah kita mengetahui materi tersebut mari kita laksanakan agar kita bisa mendapat manfaat lainnya. 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 




0 comments:

Posting Komentar