Materi Ajar, Selasa, 7 November 2023

Senin, 06 November 2023

 Hari, tanggal: Selasa, 7 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di rumah (1)

Pembelajaran : 6

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPKn, MTK

 


🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) yang menyatakan permasalahan di sekolah dengan tepat.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mendata kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang selisihnya


Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 1 pb 5 mengenai hak dan kewajiban dalam merawat tempat tinggal yang mana kita harus bersyukur karena masih diberikan tempat untuk berlindung dari panas dan hujan. Jadi anak anak harus senantiasa menjaga dan merawat rumahnya ya agar rumahnya nyaman untuk ditempati bersama dengan ayah dan ibu serta keluarga kita lainnya. 

Pada hari ini lanjutkan materinya tema 4 subtema 1 pb 6.


Now, let's check this video!! ><


🔖 Materi:

Memiliki tempat tinggal adalah salah satu hal yang wajib untuk disyukuri. Dengan adanya tempat tinggal, kita bisa berlindung dari bahaya cuaca buruk dan kondisi lainnya. 

Memiliki rumah yang bersih dan rapi merupakan hak semua orang. Namun, hak tersebut didapatkan harus dengan usaha dari pemiliknya sendiri yaitu dengan rajin membersihkannya. 

Setelah anak anak memperhatikan penjelasan materi diatas, sekarang anak anak mengamati sebuah teks berikut.

🔎  Baca dan amatilah teks berikut!


Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi. 

Simaklah masalah-masalah berikut ini! Sampaikan saranmu di depan kelas!

Contoh:

Lani ingin lantai rumahnya selalu bersih. Saat pulang sekolah ia melihat lantai rumahnya kotor. Saran apa yang dapat kamu berikan kepada Lani?

Saran: Sebaiknya Lani segera membersihkan lantai rumahnya agar tidak kotor.

🔎 Kerjakan pernyataan saran yang tepat dibawah ini!

  1.  Edo ingin rumahnya rapi. Bibi selalu merapikan rumah Edo. Sudah satu minggu bibi pulang kampung. Rumah Edo tampak berantakan. Apa saranmu untuk Edo?

  2. Dayu ingin kamarnya rapi. Ia tidak bisa merapikan kamarnya sendiri. Apa yang seharusnya Dayu lakukan?

  3. Ibu Beni ingin meja makan di rumahnya bersih. Beni hampir selalu meninggalkan sisa makanan di meja. Apa yang seharusnya Beni lakukan?

  4. Siti ingin rumah yang menyenangkan. Ia sedang bersedih. Ayah dan ibu Siti sedang menengok nenek di kampung. Bagaimana seharusnya Siti bersikap? 

🔎 Ayo Berlatih

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah. Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin?

Tuliskan jawabanmu di tempat yang tersedia! Buatlah lima kemungkinan! 

  1. .... + ..... = 600

  2. .... + ..... = 600

  3. .... + ..... = 600

  4. .... + ..... = 600

  5. .... + ..... = 600


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 1 pb 6 mengenai hak dan kewajiban pada tempat tinggal yang harus senantiasa kita menjaga dan merawat rumahnya ya agar rumahnya nyaman untuk ditempati bersama dengan ayah dan ibu serta keluarga kita lainnya. Maka dari itu penting setiap anggota keluarga untuk melakukan hak dan kewajibannya sehingga terasa ringan mengerjakan tugas dirumah.  Setelah kita mengetahui materi tersebut mari kita laksanakan agar kita bisa mendapat manfaat lainnya. 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 


0 comments:

Posting Komentar