Materi ajar, Selasa, 14 November 2023

Senin, 13 November 2023

Hari, tanggal: Senin, 14 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di sekolah (2)

Pembelajaran : 5

Muatan            : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika

 


🔖 Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat memberikan saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) di sekolah dengan penuh kepedulian.

  2. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat menuliskan kewajiban dan hak  yang ada di sekolah dengan tepat.

  3. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat membuat pengurangan dua bilangan cacah yang hasilnya ditentukan sendiri dengan tepat.



Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


🔖 Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 2 pb 4 mengenai kewajiban dan hak di sekolah dengan lingkungan sekolah yang sehat dan  juga belajar kegiatan yang sehat untuk mengisi waktu luang kita atau pada saat jam istirahat. Apa saja hak dan kewajiban kita untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan sehat? Iya melakukan piket secara rutin, membuang sampah pada tempatnya. good job anak anak. Selanjutnya anak-anak akan melanjutkan materi tema 4 subtema 2 pb 5 yaitu kalimat saran. Kalimat saran sering digunakan dalam berbagai kondisi, baik dituliskan atau disampaikan secara lisan. Sekarang silahkan anak-anak perhatikan video tentang kalimat saran serta contohnya berikut ini.


Now, let's check this video!! ><



🔖 Materi:

Dalam kehidupan sehari-hari, kalimat saran digunakan untuk mengungkapkan pendapat. Selain itu, kalimat ini juga berfungsi untuk menyampaikan anjuran kepada orang lain. Berikut akan dijelaskan lebih lengkap tentang kalimat saran.

🔎 Pengertian Kalimat Saran

Kata saran dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),adalah pendapat atau usulan, anjuran, maupun cita-cita yang disampaikan  seseorang untuk mempertimbangkan satu hal. Anak-anak bisa menggunakan kalimat saran ini untuk diungkapkan kepada orang lain dalam sebuah opini atau harapan tentang suatu hal. Kalimat ini bisa digunakan oleh semua orang dan bisa juga ditujukan pada semua orang. Hal itu boleh dilakukan karena semua orang memiliki hak untuk berpendapat. Namun, saat memberikan sebuah saran, sebaikya anak-anak menggunakan bahasa yang baik agar tidak menyinggung perasaan. 


Untuk bisa menulis atau membedakan kalimat saran, teman-teman bisa memahami ciri-ciri berikut ini.

🔎 Ciri-Ciri Kalimat Saran

  1. Pada kalimat saran akan ada kata penanda seperti usahakan, hendaknya, saran saya, dan lain sebagianya.

  2. Kalimat saran ini bisa digunakan dalam kehidupa sehari-hari, atau untuk sebuah karya seni, tajuk rencana, resensi, dan lain sebagainya.

  3. Tidak ada tanda baca seru pada akhir kalimat, karena bukan merupakan kalimat seruan atau larangan.

🔎 Contoh Kalimat Saran

  1. Seharunya kamu tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain, fokuslah belajar demi meraih cita-cita.

  2. Segera bersihkan kamar tidurmu agar ibu tidak marah.

  3. Menurutku, kamu harus meminta maaf pada Edo karena sudah merobekan bukunya.

  4. Sebaiknya kamu mengerjakan PR sekarang, agar bisa bermain dengan lebih nyaman.

Nah anak-anak setelah memahami pengertian kalimat saran beserta contohnya. Sekarang silahkan anak-anak kerjakan latihan berikut.


🔖 Latihan

🔎 Bacalah teks berikut dengan nyaring!

Aku Ingin Senang di Sekolah

Setiap warga sekolah wajib membuat sekolah menjadi tempat yang menyenangkan. Guru dan siswa ingin merasa bahagia di sekolah. Udin dan teman-temannya juga ingin senang saat berada di sekolah. Kepala Sekolah memberi saran kepada Udin dan teman-temannya. Berikut saran Kepala Sekolah.

1. Berteman dengan siapa saja

2. Saling berbagi

3. Saling menghormati

4. Saling membantu dan bekerja sama

5. Hormat kepada guru dan sayangi teman

6. Menaati aturan sekolah

Udin dan teman-temannya mengikuti saran Kepala Sekolah. Sekarang setiap siswa berteman dengan siapa saja. Siswa selalu berbicara dengan sopan. Siswa tidak segan mengucapkan terima kasih kepada siapa pun. Siswa juga selalu meminta maaf jika berbuat salah. Udin merasa senang berada di sekolah.

🔎 Amati kembali teks di atas!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Tuliskan salah satu kalimat saran yang terdapat pada teks!

2. Apa maksud kalimat saran di atas?

3. Tuliskan kalimat saran lainnya!

4. Jelaskan maksud saran yang kamu tulis!


Selanjutnya di SD Nusantara ingin siswanya merasa senang di sekolah. Mereka membuat daftar kewajiban dan hak sebagai warga sekolah.

🔎 Lengkapi tabel berikut ini!

Belajar adalah kewajiban setiap siswa. Udin belajar di sekolah yang menyenangkan. Ia dan teman-temannya selalu disambut guru saat tiba di sekolah. Penyambutan berakhir saat bel masuk berbunyi. Banyak siswa yang disambut setiap harinya berbeda. Jika siswa yang disambut ada 500 siswa, tentukan banyak siswa di sekolah dan banyak siswa yang tidak di sambut!

Banyak Siswa di Sekolah - Banyak Siswa yang Tidak Disambut = Banyak Siswa yang Disambut

550 - 50 = 500 


🔎 Tentukan banyak siswa di sekolah dan banyak siswa yang tidak disambut!

Banyak Siswa di Sekolah - Banyak Siswa yang Tidak Disambut = Banyak Siswa yang Disambut

1. .... - ..... = 650

2. .... - ..... = 680

3. .... - ..... = 700

4. .... - ..... = 690

5. .... - ..... = 695


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 2 pb 5 mengenai kalimat saran, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 

0 comments:

Posting Komentar