MATERI AJAR, KAMIS, 2 NOVEMBER 2023

Rabu, 01 November 2023

 Hari, tanggal: Rabu, 1 November 2023

Kelas : 3A


Tema                : Hak dan kewajibanku (4)

Subtema          : Hak dan kewajibanku di rumah (1)

Pembelajaran : 3

Muatan            : Bahasa Indonesia, Matematika,SBDP

 


๐Ÿ”– Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat menemukan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) yang menyatakan permasalahan di sekolah dengan tepat.

  2. Dengan mempelajari SBDP, siswa dapat menentukan pola irama dari sebuah lagu

  3. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang selisihnya


Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.

Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.


๐Ÿ”– Apersepsi 

Pada materi kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 1 pb 2 mengenai kewajiban dan hak dalam berpakaian, salah satu hak anak dalam berpakaian adalah saat masuk ke sebuah sekolah seorang murid memiliki hak untuk mendapatkan pakaian kelengkapan sekolah. Nah

Selain memiliki kewajiban dan hak dalam berpakaian, setiap anak juga berhak memiliki tubuh sehat. Lalu apa itu tubuh sehat? Apa yang harus kamu lakukan agar memiliki tubuh sehat? Marilah kita temukan jawabannya dengan mempelajari materi tema 4 subtema 1 pb 3 berikut!


Now, let's check this video!! ><



๐Ÿ”– Materi:

setiap anak berhak memiliki tubuh sehat. Anak memiliki hak dan kewajiban untuk beristirahat untuk menjaga kesehatan. Tapi untuk mendapatkan hak tersebut, anak-anak harus melakukan beberapa kewajiban. Kewajiban ini adalah cara untuk mendapatkan dan menjaga tubuh agar selalu sehat.


๐Ÿ”Ž Kewajiban yang harus anak-anak lakukan.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur bisa dilakukan dengan berjalan selama beberapa menit, naik turun tangga, membersihkan rumah, bersepeda, bermain bola bersama teman, dan lain sebagainya. Olahraga teratur dapat membuat tubuh kuat. Tubuh yang kuat akan membuat anak-anak tidak mudah terserang beragam jenis penyakit.

  1. Makan Makanan Sehat

Makanan yang sehat akan memberikan asupan gizi sehingga tubuh bisa tumbuh dengan baik. Contoh makanan sehat yaitu sayur, buah, dan lauk pauk lain baik ikan atau daging. Jangan lupa untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup atau sekitar satu setengah sampai dua liter per hari.

  1. Istirahat yang Cukup

Istirahat ini bisa dilakukan dengan tidur di malam hari, tidur siang, atau kegiatan refresing lainnya.


Setelah mengetahui kewajiban yang harus dilakukan untuk memiliki tubuh sehat. Berdiskusilah dengan teman-temanmu! Lalu bacalah teks "Memiliki Tubuh Sehat" dengan nyaring! 

๐Ÿ”ŽBacalah teks berikut!

Jawablah pertanyaan berikut! 

  1. Masalah apa yang dihadapi anak-anak berdasarkan teks di atas?

  2. Tuliskan empat cara menyelesaikan masalah berdasarkan teks!


Semua orang wajib menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya dengan sarapan. Sarapan baik untuk kesehatan tubuh. Ada yang biasa sarapan nasi, ubi, roti atau kentang. Bagaimana dengan kebiasaan sarapan di rumahmu? Tulis dan gambarlah sarapan yang biasa kalian makan dirumah.


๐Ÿ”Ž Perhatikan contoh berikut!

Selanjutnya Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen terakhir, ayah Dayu memanen 1.000, 1.200, 1.300, 1.500, dan 2.000 buah kentang. Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar. 

contoh 


Banyak Kentang yang Dijual +  Banyak Kentang untuk Di rumah = Jumlah Kentang

1.500 + 500 = 2.000 


Setelah mempelajari hak dan kewajiban mengenai menjaga tubuh sehat. Saatnya kita bernyanyi ya tentang rasa syukur memiliki ayah dan ibu. Kita harus bersyukur karena memiliki ayah dan ibu karena hak dan kewajiban kita masih dipenuhi oleh mereka. Salah satu contoh lagunya "Jika ibuku tua nanti" adakah lagu lain tentang menyampaikan rasa terimakasih ke ayah ibu kita


Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 4 subtema 1 pb  3 mengenai kewajiban dan hak dalam memiliki tubuh sehat. Nah pertemuan selanjutnya, kita akan melanjutkan materi kita yaitu tema 4 subtema 1 pb 4.


๐Ÿ”–Evaluasi

Tuliskan berapa kemungkinan kentang yang dijual dan yang disisihkan untuk di rumah! 


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.

Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

 

 






 


0 comments:

Posting Komentar