Hari, tanggal : Kamis, 15 Februari 2024
Kelas : 3A
Tema : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema : Sumber Energi (1)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP
Pembelajaran : 4 dan 5
Apersepsi :
Pada hari kemarin kita belajar tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 dan 3 tentang manfaat angin sebagai energi alternatif. Hari ini anak anak akan masuk dengan tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 tentang menemukan kosa kata informasi energi alternatif, menentukan lamanya kejadian dan menghias kincir angin.
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi altenatif dengan benar.
2. siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan benar.
3. siswa dapat mengidentifikasi kombinasi unsur-unsur garis, bidang , dan warna dalam sebuah karya dekoratif.
4. Siswa dapat memahami hak dan kewajiban dalam menggunakan energi alternatif
Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah.
Lets check this video
Lets check this video
Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif.
Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut.
Carilah kata secara menurun, mendatar, dan diagonal.
Pilihlah 5 kata dari hasil tersebut!
Jelaskan artinya sesuai dengan pemahamanmu!
Gerak air termasuk salah satu energi alternatif. Semakin kuat gerak air, semakin besar pula energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum.
Perhatikan gambar berikut!
Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.
Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan.
Menikmati energi yang tersedia adalah hak
manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga
ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus
berjalan seimbang.
Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 6 Subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 tentang menemukan kosa kata energi alternatif, menentukan waktu dalam kegiatan sehari hari, memahami hak dan kewajiban dalam energi alternatif dan menghias gambar dekoratif. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar melanjutkan tema 6 subtema 1 pembelajaran 5 dan 6 tentang matahari sebagai sumber energi alternatif dan hak dan kewajiban dalam energi alternatif serta menentukan satuan waktu.
Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian.
0 comments:
Posting Komentar