Materi ajar, Rabu, 28 Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024

Hari, tanggal             : Rabu, 28 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Energi Alternatif (3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran            : 4 dan 5

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
  • PPKn
  • 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn,  siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban di rumah terkait sumber energi.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 Subtema 3 pb 3 yaitu tentang contoh energi alternatifi. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 3 pb 4 dan 5 yaitu tentang energi alternatif. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 6 Subtema 3 pb 4 dan 5 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar

Air Sumber Energi Alternatif

Airmerupakan sumber energi alternatif. Energi air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sebagai pengganti bahan bakar minyak, air digunakan untuk pembangkit listrik. Untuk penerangan, orang banyak menggunakan bahan bakar minyak. Sekarang, penerangan lebih banyak menggunakan energi listrik. Bahkan saat ini sudah diproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik. Saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat di daerah perkotaan. Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis. Meskipun demikian, kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.

Tuliskan apa yang kalian pahami dari bacaan di atas pada tempat yang tersedia!
Ceritakan dengan bahasamu sendiri. 
Ceritakan hasilnya di depan teman-teman dan gurumu.


📌 Ayo Berlatih!



📌 Ayo Membaca!

Briket Pengganti BBM

Briket adalah bahan bakar pengganti bahan bakar minyak atau BBM. Briket dapat dibuat dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket dapat dibuat dengan mudah. Berikut ini cara pembuatan briket. Alat dan bahan:
• Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji
• Kanji
• Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan
• Korek api

Cara kerja:
  1. Siapkan bahan yang akan dijadikan briket. Contoh bahan adalah bambu,serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).
  2. Keringkan bahan tersebut sampai benar-benar kering.
  3. Bakar di dalam tempat khusus sampai berbentuk arang.
  4. Hasil pembakaran berupa arang atau serbuk arang ditumbuk halus. Kemudian disaring atau diayak.
  5. Hasil saringan kemudian dicampur dengan adonan kanji secukupnya. Fungsi kanji sebagai perekat.
  6. Adonan kemudian dicetak menggunakan potongan bambu. Bisa juga menggunakan pipa paralon ukuran sedang. Saat dimasukkan ke dalam cetakan, adonan arang tadi dipadatkan.
  7. Tahap terakhir adalah pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air. Pengeringan bisa memakan waktu beberapa hari. Hal ini tergantung terik tidaknya sinar matahari.
Briket memiliki beberapa kelebihan dibanding bahan bakar minyak. Briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil. Briket mudah terbakar. Namun, briket tidak cepat habis. Penggunaan briket merupakan salah satu cara menghemat bahan bakar minyak.


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Sebutkan fungsi briket?
  2. Sebutkan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat briket!
  3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak (BBM)!
  4. Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif?
  5. Briket dapat mengurangi sampah. Bagaimana menurut pendapatmu? Jelaskan alasannya!
Penggunaan briket dapat mengurangi sampah. Pengurangan sampah sangat bermanfaat untuk lingkungan. Menggunakan briket termasuk menjaga lingkungan.Lingkungan yang terjaga baik untuk kehidupan.


📌 Ayo Berdiskusi!

Diskusikan cara mengurangi sampah yang bisa kamu lakukan!
Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan dan sampaikan hasil diskusimu di depan kelas.


📌 Ayo Berlatih!

  1. Siti menggunakan sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket bisa digunakan untuk 2 jam memasak.Jika Sitimemasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?
  2. Udin ingin memasak air untuk minum. Udin menggunakan 2 buah briket untuk memasak. Setiap briket dapat digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Udin mulai memasak pukul 10.00, pukul berapa briket akanhabis?
  3. Kelompok Edo terdiri dari 5 orang. Setiap anggota membawa 1 buah briket berukuran kecil. Setiap briket dapat digunakan untuk memasak selama 1 jam. Berapa lama briket kelompok tersebut dapat digunakan?


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang energi alternatif air, cara mebuat briket serta hak dan kewajiban terhadap lingkungan . Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 3 pb 6 tentang energi alternatif.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 3 pb 6 dan 5,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar