Materi Ajar, Selasa, 6 Februari 2024

Senin, 05 Februari 2024

Hari, tanggal  : Selasa, 6 Februari 2024

Kelas                : 3A

Tema                : Cuaca (5)

Subtema          : Cuaca, Iklim dan Musim (4)

Pembelajaran : 4

Muatan            : Bahasa Indonesia, dan PPKn

 




 

 

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.3  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • PPKn
  • 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap dan benar.
  4. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat membedakan teknik potong, lipat, dan sambung.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 5 subtema 4 Pb 1 yaitu tentang makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar, perbedaan cuaca, iklim, dan musik, serta karya 3 dimensi. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 5 subtema 4 pb 4 yatiu tentang perbedaan cuaca, iklim, dan musik.  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 4 berikut ini. 

 

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 


Lets check this video!!




📌 Materi Ajar



Perbedaan antara Cuaca, Musim, dan Iklim Kita sering mendengar orang menyebutkan istilah cuaca, musim, dan iklim. Namun, banyak yang masih bingung tentang perbedaannya. Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah tiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca bisa berubah.Cuaca harian biasanya dilambangkan dengan simbol berikut.


Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu yang sedikit hujan. Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan
bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua musim: musim kemaraudan
musim hujan. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan aktu yang panjang. Iklim diamati
dalam itungan tahun.


📌 Ayo Berlatih!


Hari sudah makin sore. Cuaca yang tadinya berawan, kini berubah mendung. Sebelum hujan, Edo meminta tolong kepada teman-teman untuk membantu ibunya. Lani dan Siti membantu mengangkat jemuran yang kering. Dayu dan Edo membantu membawa masuk sepatu yang ada di luar. Beni dan Udin membantu mengangkat keset yang dijemur di atas pagar.




Sampaikan manfaat dan pentingnya bersatu dalam keberagaman di hadapan teman-temanmu.

Ajak mereka untuk melakukan hal yang sama.


A.   ðŸ“Œ  EVALUASI

  1. Iklim adalah ....
  2. iklim diamati dalam waktu ...
  3. Indonesia adalah negara yang beriklim ...
  4. Musim adalah ...
  5. Apa saja musim yang ada di Indonesia ...
  6. Mengapa kita harus memiliki sikap toleransi ...
  7. Apa manfaat dari sikap bersatu dalam keberagaman ...
  8. Contoh sikap bersatu dalam keberagaman adalah ...
  9. Manfaat kerja bakti adalah ...
  10. Apa sajakah penyebab terjadinya banjir ...


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang perbedaan cuaca, iklim, dan musim. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 5 subtema 4 pembelajaran 5 dengan materi yang sama yaitu tentang cuaca, musim, dan iklim.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 5 subtema 4 pb 4,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar