Materi Ajar, Selasa, 27 Februari 2024

Senin, 26 Februari 2024

Hari, tanggal             : Selasa, 27 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Energi Alternatif (3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan SBdP
Pembelajaran            : 3

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
  • SBdP
  • 3.1 Mengetahui unsur unsur karya dekoratif

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur karya dekoratif

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 subtema 3 pb 1 dan 2  yaitu tentang Energi alternatif angin, unsur-unsur dekoratif pada layang-layang dan ha dan kewajiban untuk bermain . Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 3 pb 3 yaitu tentang energi alternatif. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video




📌 Materi Ajar

Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan diagonal.


Pilihlah 5 kata dari hasil tersebut!
Jelaskan artinya sesuai dengan pemahamanmu!



📌 Ayo Berkreasi!

Gerak air termasuk salah satu energi alternatif. Semakin kuat gerak air, semakin besar pula energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik danmenggerakkan mesin penggiling gandum. Pernahkah kamu melihat kincir air?


Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dantumbuhan juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih. Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan.


Perhatikan gambar berikut!
Lihatlah tanda 18/07/08. Artinya, minuman sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan Juli tahun 2008. Ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan.



📌 Ayo Berlatih!



Perhatikan batas waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapatmemberi energi bagi tubuh.



📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang contoh energi alternatif. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 3 pb 4 tentang energi alternatif.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 3 pb 3,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar