Materi Ajar, Jumat, 23 Februari 2024

Kamis, 22 Februari 2024

 Hari, tanggal             : Jumat, 23 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Perubahan Energi (2)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran            : 6 dan PH 2

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung.
  • PPKn
  • 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah. 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 subtema 2 pb 5  yaitu tentang contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari dan kewajiban siswa dalam menjaga mendaparkan sarana prasarana sekolah. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 2 pb 6  yaitu tentang Hak dan kewajiban dalam menghemat energi. Perhatikan baik-baik ya anak-anak, dikarenakan setelah itu kita akan melaksanakan Penilaian harian (PH) 2  tema 6 subtema 2.



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar

Perubahan energi selalu terjadi kapanpun dan di manapun. Sering kali kita tidak menyadari terjadinya perubaha nenergi. Contohnya, ketika menonton televisi. Kalian tidak menyadari bahwa telah terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya.

Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, misalnya saat buah jatuh. Saat buah jatuh juga terjadi perubahan energi. Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi adalah peristiwa yang setiap saat dapat diamati. Sekarang, susunlah informasi perubahan energi. Mulai dari bangun tidur sampai kamu tiba di sekolah. 
Lihat tabel berikut untuk membantumu!





📌 Ayo Berlatih!

Siapapun berhak memanfaatkan energi yang ada di muka bumi ini. Namun, jika ada hak, maka akan ada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnya kita berhak menggunakan listrik. Akan tetapi kita juga berkewajiban membayar rekening listrik.

Sekarang, lengkapi tabel berikut! Isi dengan hak dan kewajiban yang saling berhubungan. Selain itu juga yang terkait dengan penggunaannya. Diskusikan bersama temanmu!



📌 Ayo Berlatih!

Lama dan besarnya penggunaan energi listrik mempengaruhi besarnya biaya yang harus dibayar. Tentukan lama penggunaan alat-alat listrik pada tabel berikut! Kemudian, bandingkan penggunaan alat-alat tersebut dari yang paling lama sampai yang paling besar biaya listriknya.

Selesaikan soal-soal berikut! Kerjakan di buku tugasmu!
  1. Hari Minggu, ibu menyalakan mesin air dari pukul 04.30 sampai dengan pukul 05.00 atau 04.30-05.00. Pada hari apakah ibu lebih lama menyalakan mesin air?
  2. Ketika pulang sekolah, Fahmi duduk beristirahat sambil membaca buku cerita. Dia membaca dari pukul 13.30–14.30. Pada sore hari sepulang mengaji, Fahmi melanjutkan membaca buku dari pukul 17.00–17.30. Kapan Fahmi membaca lebih lama?
  3. Setiap pagi, ibu mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Selanjutnya, ibu melicinkannya dengan seterika listrik. Hari ini, ibu mulai mencuci dari pukul 06.30 - 07.15. Kegiatan menyeterika dilakukan dari pukul 14.00-15.30. Kegiatan mana yang lebih singkat?
  4. Ibu menyiapkan nasi goreng, roti panggang, dan susu untuk sarapan. Ibu menyiapkan nasi goreng dari pukul 05.30–05.45. Setelah itu, ibu menyiapkan roti panggang dan susu. Pukul 05.55 sarapan sudah siap di meja. Mana yang lebih lama dilakukan ibu? Menyiapkan nasi goreng atau menyiapkan roti panggang dan susu?


Pada tabel ada lima (5) kegiatan. Kegiatan manakah yang palinglama?
Kegiatan manakah yang paling singkat?


📌 Penilaian Harian (PH) 2:




📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang hak dan kewajiban dalam menghmeat energi. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 3 pb yaitu tentang energi alternatif.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 2 pb 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar