Materi Ajar, senin 26 Februari 2024

Minggu, 25 Februari 2024

 Hari, tanggal             : Senin, 26 Februari 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Energi dan Perubahannya (6)
Subtema                      : Energi Alternatif (3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP, dan PPKn
Pembelajaran            : 1 dan 2

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
  • Matematika
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
  • SBdP
  • 3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
  • PPKn
  • 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah.

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan benar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
  4. Dengan mempelajari PPKn,  siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban di rumah terkait sumber energi.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 Subtema 2 yaitu tentang Perubahan energi. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 3 yaitu tentang energi alternatif. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 2 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video




📌 Materi Ajar

Energi Alternatif

Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.
Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut!


Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah.

Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga
Surya (PLTS). Energi air dimanfaatkan untuk membuat PembangkitListrikTenagaAir(PLTA).Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan. Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Apa yang dimaksud dengan energial ternatif?
  2. Mengapa perlu energi alternatif?
  3. Apa sajakah yang termasuk sumber energi alternatif?
  4. Berikan satu contoh penggunaan energi alternatif!
  5. Apa akibatnya jika tidak ada energi alternatif?

📌 Ayo Berkreasi!

Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan pemanfaatan angin. Angin diperlukan untuk menerbangkan layang-layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang. Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.

Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB). Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.

Pernahkah kalian bermain layang-layang? Bermain layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan geraklayang-layang.

Layang-layang digambar dan diberi hiasan agar menarik. Garis digunakan untuk menghias layang-layang. Bidang juga digunakan untuk hiasan tersebut. Layang-layang tersebut memiliki warna yang berbeda. Warna, garis, dan bidang menjadi motif dalam gambar layang-layang.

Cobalah menghias gambar layang-layangberikut! Gunakan garis, bidang, dan warna sesuai keinginanmu!



📌 Ayo Berlatih!

Bermain layang-layang juga membutuhkan energi. Semakin lama bermain, semakin banyak energi
yang dibutuhkan. Perhatikan contoh untuk menentukan waktu berikut!
  1. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. Lama waktu dapat digambarkan sebagaiberikut!                                                             Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit. sampai dengan pukul 16.00.                                                                                                       
  2. Beni bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.45. 
                                                      Lamanya Beni bermain layang-layang adalah ... menit.                                                           
  3. Edo bermain layang-layang dari pukul 15.30. sampai dengan pukul 16.00. 
                                              Lama Edo bermain layang-layang adalah ... menit.                                       
  4. Siti bermain layang-layang dari pukul 16.30, sampai dengan pukul 17.00. 
    Lama Siti bermain layang-layang adalah ... menit.

  1. Siapakah yang bermain layang-layang paling lama?
  2. Siapakah yang bermain layang-layang paling singkat?
  3. Urutkan nama berdasarkan lama bermain layang-layang! Mulai dari yang paling lama adalah ... , ... , ... , ... , ... , dan ....

📌 Ayo Membaca!

Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar. Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Sebutkan 5 kewajibanmu saat bermain!
  2. Sebutkan 5 hakmu saat bermain!
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Menerima hak dan melakukan kewajiban sesuai kemampuanmu. Agar semua hal dapat berjalan dengan baik.


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang energi alternatif, unsur dekoratif pada layang-layang dan hak dan kewajiban untuk bermain. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 6 subtema 3 pb 3 tentang energi alternatif.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 6 subtema 3 pb 1 dan 2,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar