Materi ajar, Jumat, 24 Mei 2024

Kamis, 23 Mei 2024

Hari, tanggal             : Jumat, 24 Mei 2024

Kelas                          : 3A
Tema                          : Praja Muda Karana (8)
Subtema                    : Aku Suka berkarya (4)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP, dan PPKn
Pembelajaran           : 5 dan 6 (PH)




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.7 Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dn pemanfaatannya dalam denah, teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
  • SBdP
  • 3.4 Mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik potong, lipat dan sambung dalam mebuar karya keterampilan.
  • PPKn
  • .3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dn pemanfaatannya dalam denah, teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat engidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik potong, lipat dan sambung dalam mebuar karya keterampilan.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Selamat pagi anak-anak... okay, pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang cara membuat paragraf, cara membuat denah, dan sikap adil di lingkungan perpustakaan. siapa yang bisa menjelaskan langkah pertama dalam menentukan ide pokok pada suatu paragraf? yapps benar sekali, dalam nenemukan ide pokok pada sebuah paragraf langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu membaca teks dengan baik dan teliti.


Nah hari ini kita akan melanjukan materi kita di tema 8 subtema 4 yaitu masih tentang cara mebuat paragraf, membaca dan membuat denah diagram gambar dan contoh pengamalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari .  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!




📌 Materi Ajar

A. Bahasa Indoensia

Membuat paragraf dan Unsur paragraf

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang saling berkaitan dan mengandung datu ide pokok. Ide pokok adalah pikiran atau gagasan utama dari sebuah paragraf. Umumnya sebuah paragraf akan terdiri dari empat hingga sepuluh kalimat. Tapi itu akan disesuaikan lagi dengan pengembangan gagasan yang diinginkan oleh penulis.

Ada beberapa unsur dalam sebuah paragraf, seperti gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, dan konjungsi.

  1. Gagasan utama atau topik adalah bagian utama atau ide utama yang ingin disampaikan penulis pada pembacanya.
  2. Kalimat utama adalah kalimat yang menjelaskan tentang gagasan utama. Biasanya kalimat ini akan ada pada awal atau akhir paragraf.
  3. Kalimat penjelas atau kalimat pendukung yang berguna untuk mengembangkan dan memperkuat gagasan. Pada kalimat penjelas, teman-teman akan menemukan data pelengkap dari opini, fakta, hingga beragam data.
  4. Konjungsi yang merupakan kata sambung atau penghubung yang berguna untuk membuat susunan kalimat atau kata menjadi lebih padu.

Setelah memahami penjelasan tersebut, mari simak ciri-ciri dari paragraf berikut ini, yuk!

Ciri-Ciri Paragraf

  1. Terdapat makan, pesan, atau pikiran yang ingin disampaikan penulis.
  2. Dibuat oleh beberapa kalimat, yang punya tema tertentu.
  3. Kalimat dalam suatu paragraf disusun secara logis dan sistematis.
  4. Punya satu ide pokok dan beberapa kalimat penjelas.
  5. Penulisan pada kalimat pertama dibuat menjorok ke dalam atau akan ada jarak antar satu paragraf dengan paragraf lain.

Dari penjelasan ini, sekarang tentu harus bisa membuat paragraf yang benar. Pastikan untuk membuat semua kalimat masih dalam satu kesatuan yang padu. Dengan begitu pesan dari penulis akan tersampaikan dengan baik oleh para pembaca.

Contoh:


Cerita di atas memiliki 6 paragraf. 


B. MATEMATIKA
Diagram Gambar

Diagram merupakan sebuah gambar atau grafik yang digunakan untuk menyajikan sebuah data


Diagram gambar atau yang sering disebut dengan piktogram merupakan penyajian data statistik yang menggunakan lambang-lambang atau gambar. Piktogram umumnya dipakai untuk data yang bernilai besar.

Diagram ini juga sering digunakan untuk menyajikan gambaran kasar suatu hal atau alat visualisasi bagi orang awam. Setiap satuan jumlah tertentu memiliki simbol atau lambang sesuai dengan macam datanya.



C. SBdP

Membuat Denah

Sebagai peta kecil, teman-teman bisa membuat denah sendiri dengan ruang lingkup yang kecil. Untuk berlatih, cobalah untuk membuat denah sekolah tempat teman-teman belajar.

Langkah-langkah membuat denah:

  1. Sebelum memulai membuat denah, teman-teman perlu mencari informasi tentang keadaan sekolah dan arah mata angin. Teman-teman bisa mengumpulkan informasi dengan beberapa orang dan mencatat jumlah ruang kelas, lokasi ruang guru, perpustakaan, lapangan, tempat parkir, dan lain sebagainya.
  2. Setelah semua informasi terkumpul, siapkan alat dan bahan seperti kertas, alat tulis, termasuk penggaris.
  3. Lalu pada bagian ujung atas kanan atau bawah berikan tanda arah mata angin, dengan bagian utara mengarah ke atas.
  4. Kemudian mulailah mengambar denah sekolah sesuai informasi yang sudah teman-teman dapatkan sebelumnya.Pastikan posisi setiap bangunan sesuai dengan arah mata angin yang sebenarnya.
  5. Lalu pada setiap bangunan, bisa teman-teman berikan tanda nomor atau huruf.
  6. Setelah denah selesai, buatlah sebuah keterangan pada bagian bawah denah untuk menunjukan nama bangunan yang ada di sekolah. Dengan begitu denah akan membantu banyak orang untuk menemukan lokasi suatu bangunan yang ada di sekolah.

Sebuah denah akan bisa dipahami dengan mengikuti beberapa unsur berikut.

Unsur-unsur Denah:

  1. Membuat judul denah sesuai dengan lokasi yang dibuat.
  2. Menambahkan petunjuk arah mata angin dengan arah utara mengarah ke atas.
  3. Memberi nama setiap tempat yang digambar agar orang yang membaca bisa mendapatkan jalan yang tepat untuk menuju ke suatu tempat.


D. PPKn
Contoh penerapan dan pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari:
1. Contoh Pengamalan Sila Pertama Pancasila:
  • Taat dalam beribadah sesuai agama dan kepercayaan yang dianut oleh masing-masing orang.
  • Berdoa dalam melakukan aktivitas sehari-hari sebagai tanda syukur atau terima kasih pada Tuhan.
  • Merawat dan menyayangi hewan dan tumbuhan di sekitar kita, karena hewan dan tumbuhan juga makhluk ciptaan Tuhan.
  • Menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan orang lain yang berbeda dengan kita.
  • Saling tolong menolong tanpa membeda-bedakan agama dan kepercayaan yang dianut.

2. Contoh Pengamalan Sila Kedua Pancasila :

  • Saling menghargai pendapat satu sama lain
  • Menolong orang yang sedang membutuhkan pertolongan
  • Memperlakukan semua orang dengan adab yang baik.
  • Bersikap adil pada semua orang dan tidak membeda-bedakan orang berdasar latar belakangnya.
  • Menjenguk teman yang sakit.

3. Contoh Pengamalan Sila Ketiga Pancasila:

  • Bekerja sama dengan teman di sekolah saat mengerjakan tugas kelompok.
  • Bergotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal.
  • Bekerja sama mendirikan tenda saat berkemah dalam kegiatan pramuka.
  • Bersama-sama menjaga persatuan dan hubungan baik satu sama lain, dan tidak mudah terpecah belah.
  • Menjaga kerukunan bangsa Indonesia yang memiliki beragam latar belakang suku, budaya, agama, dan bahasa.

4. Contoh Pengamalan Sila Keempat Pancasila

  • Bermusyawarah dalam mencari keputusan untuk kepentingan bersama di sekolah.
  • Mengikuti pemilihan umum untuk menentukan pemimpin daerah atau pemimpin negara.
  • Bermusyawarah dengan tetangga untuk mencari solusi permasalahan di lingkungan masyarakat.
  • Menghormati pendapat orang lain dan tidak memaksakan kehendak diri sendiri ketika bermusyawarah.
  • Menerima hasil musyawarah untuk kebaikan bersama dengan lapang dada.

5. Contoh Pengamalan Sila Kelima Pancasila

  • Membagi tugas secara adil untuk anggota kelompok saat mengerjakan tugas sekolah.
  • Memberikan kesempatan pada semua anggota kelompok untuk berpendapat.
  • Melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab serta mendapatkan hak sebagai warga negara.
  • Menghemat energi dan sumber daya alam karena semua orang berhak menikmatinya juga.


📌 Penilaian Pembelajaran


Nah itulah tadi materi kita hari ini yaitu tentang Bhineka Tunggal Ika.  Agar anak-anak lebih memahami materi tersebut, silahkan anak-anak mengerjakan latihan berikut ini:



Note:

^^ Selamat mengerjakan tugas anak-anak sholeh sholehah. SEMANGAT!!^^



📌 Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah kita sudah belajar tema 8 subtema 4 pb 5 dan 6, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat anak-anak terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 subtema 4 tentang Aku suka berkarya.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 8 subtema 4 pb 5 dan 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar