Materi Ajar, Rabu, 15 Mei 2024

Selasa, 14 Mei 2024

Hari, tanggal             : Rabu, 15 Mei 2024

Kelas                          : 3A
Tema                          : Praja Muda Karana (8)
Subtema                    : Aku Anak Mandiri(2)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran           : 5, 6 dan PH




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.9 Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
  • Matematika
  • 3.12 Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
  • SBdP
  • 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
  • PPKn
  • .3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menganalisis sifat-sifat yang dimiliki bangun datar.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan hari ini kegiatan belajar mengajar kita akan dilakukan secara daring yaa anak-anak. Nah pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang tentang tanda kecakapan khusu (TKK) dan tanda kecakapan umum (TKU) dalam pramuka serta sifat bangun datar dan sikap mandiri. Apakah ada yang masih ingat apa itu sifat mandiri? Benar sekali. Mandiri adalah sifat/sikap tidak bergantung kepada orang lain.


Hari ini kita akan melanjukan materi kita di tema 8 subtema 2 pembelajaran 5 dan 6 yaitu tentang  mencari informasi pada suatu teks, sudut, dan pengamalam nilai-nilai pancasila.. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video





📌 Materi Ajar

A. Bahasa Indoensia

Mengidentifikasi Informasi Dalam Teks

Cara mengidentifikasi informasi dalam sebuah teks, yaitu:
  1. Langkah pertama dalam mengidentifikasi informasi dalam sebuah teks adalah dengan membaca teks secara teliti.
  2. Memahami Judul teks: Judul pada sebuah teks memberi gambaran isi teks secara singkat.
  3. Menyimpulkan Ide Pokok Paragraf: Sebuah teks terdiri dari satu atau lebih paragaf. Dalam satu paragraf terdiri dari satu kalimat utama yang berisi ide pokok. Ide pokok adalah gagasan utama dari sebuah teks bacaan. Ide pokok juga biasa disebut dengan gagasan pokok, gagsan utama, pikiran utama, pokok pikitan.Dengan menyimpulkan ide pokok, kamu dapat mengetahui informasi pada suatu teks.
  4. Membuat Daftar Pertanyaan: Ketika nenbaca teks , kamu dapat membayangkan informasi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, kamu dapat membuat daftar pertanyaan yang jawabannya ingin kamu temukan dalam teks tersebut.
Contoh Soal:

Bacalah teks berikut dengan baik!

"Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cenderawasih, orang utan, dan komodo".

1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah
A. Indonesia memiliki hutan yang pa-ling luas di dunia
B. Hutan di Indonesia memiliki aneka jenis tumbuhan dan hewan khas
C. Hewan hidup makmur di hutan Indonesia
D. Matoa, kayu cendana, komodo, meru-pakan fauna yang ada di Indonesia

Jawaban B
Pembahasan: Pernyataan yang sesuai adalah informasi yang terdapat dalam paragraf tersebut. Informasi yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah hutan di Indonesia memiliki aneka jenis tumbuhan dan hewan khas. Pernyataan lainnya tidaklah sesuai dengan informasi dalam paragraf.

2. Apa yang dihasilkan hutan lebat?
A. Kayu yang berguna bagi pemerintah
B. Oksigen yang berguna
C. Tempat tumbuh hewan
D. Sebagai paru-paru dunia

Jawaban B
Pembahasan: Hal yang didapatkan dari hutan yang lebat adalah memberikan oksigen yang berguna. Ini bisa kita lihat pada kalimat kedua paragraf tersebut.



B. MATEMATIKA

SUDUT

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sudut adalah bangunan yang dibuat oleh dua garis yang berpotongan di sekitar titik potongnya. Atau dalam arti lebih sederhana, sudut merupakan dua garis yang dipertemukan pada satu titik yang sama.

MACAM-MACAM SUDUT.

1. Sudut Lancip

Sudut lancip memiliki ciri berupa besaran yang tidak lebih dari 90 derajat.

Atau besaran sudut lancip ada di antara nol derajat hingga di bawah 90 derajat.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa benda yang membentuk sudut lancip. Berikut ini contohnya:

  • Ujung pensil
  • Ujung pulpen
  • Ujung spidol
  • Ujung paku
  • Ujung mata pisau
  • Ujung jarum
  • Ujung mata gergaji
  • Ujung mata obeng kembang
  • Gunting posisi sedikit membuka

2. Sudut Siku-siku

Sudut selanjutnya adalah sudut siku-siku merupakan sudut yang memiliki besaran tepat 90 derajat. Sudut ini dihasilkan dari dua garis lurus yang saling tegak lurus dan bertemu.

Benda yang memiliki bentuk sudut siku-siku. Berikut ini contohnya:

  • Kartu
  • Anak tangga
  • Sudut lemari
  • Kaki meja
  • Papan tulis
  • Bingkai foto
  • Sudut kertas
  • Pintu
  • Jendela
  • Jarum jam tepat pada pukul 3 dan 9

3. Sudut Tumpul

Sudut tumpul merupakan sudut yang memiliki besar lebih dari 90 derajat dan kurang dari 180 derajat.

Ada beberapa benda yang membentuk sudut tumpul di sekitar kita. Benda tersebut biasanya memiliki karakteristik menumpul dan ujungnya makin terbuka lebar. Berikut ini contohnya:

  • Tenda kemah
  • Ranting pohon
  • Sandaran kursi
  • Kursi goyang
  • Bentuk atap rumah
  • Jangka yang terbuka lebar
  • Laptop yang terbuka lebar
  • Buku yang terbuka lebar
  • Jendela yang terbuka lebar
  • Pintu yang terbuka lebar
  • Gunting yang terbuka lebar
  • Jarum jam tepat pada pukul 4 dan 5

4. Sudut Lurus

Kemudian ada juga sudut lurus yang memiliki besaran 180 derajat, yang sangat mirip dengan sebuah garis lurus.

Ada banyak benda-benda di sekeliling kita yang memiliki sudut lurus, di antaranya:

  • Penggaris lurus.
  • Jembatan datar.
  • Jarum jam yang menunjuk pukul 6 tepat.
  • Dinding.
  • Alas meja.


C. PPKn

Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia, maka setiap bangsa Indonesia perlu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa tujuan dari pengamalan nilai-nilai Pancasila, yaitu:

  1. Untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.
  2. Untuk menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia.
  3. Untuk menghubungkan rasa tanggung jawab antara masayarakat dengan pemrintah.
A. Pengamalan nilai-nilai pancasila sila kesatu
1. Penerapan nilai ketuhanan di rumah:
  • Membiasakan keluarga untuk menjalankan kewajiban ibadah dengan rajin, seperti, salat lima waktu atau beribadah ke gereja
  • Membiasakan berdoa tiap sebelum dan setelah melakukan aktivitas, misal, saat makan, tidur, atau bepergian
  • Menghormati orang tua serta menaati nasihat dan perintahnya

2. Penerapan nilai ketuhanan di masyarakat

  • Saling menghormati antar tetangga walaupun berbeda keyakinan
  • Memperkuat toleransi di antara para pemeluk agama dengan cara memberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah masing-masing
  • Memperlakukan tetangga dengan baik, misalnya dengan saling berbagi oleh-oleh, makanan, atau hadiah

3. Penerapan nilai ketuhanan di sekolah

  • Menganggap semua teman sama meskipun berbeda-beda agamanya
  • Saling menghormati dan bertoleransi antar teman dengan keyakinan yang berbeda
  • Bergaul dengan positif dan produktif, misalnya, saling mendukung untuk mencapai kesuksesan, saling membantu, juga bermain dan belajar bersama.

B. Pengamalan nilai-nilai pancasila sila kedua

1. Penerapan nilai kemanusiaan di rumah:

  • Menghormati, menghargai, dan menyayangi orang tua serta saudara
  • Membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah
  • Mendengarkan nasihat dan mematuhi perintah orang tua
  • Tidak semena-mena terhadap orang tua dan sesama saudara
  • Memiliki sikap tenggang rasa dan menjaga kerukunan di dalam rumah

2. Penerapan nilai kemanusiaan di masyarakat:

  • Menghormati tetangga tanpa membedakan suku, agama, ras, dan golongan
  • Menjaga kerukunan antar tetangga
  • Menolong tetangga yang membutuhkan bantuan
  • Menjaga norma kesopanan di lingkungan tetangga
  • Melaksanakan kewajiban sesuai peraturan yang disepakati di lingkungan masyarakat, misalnya, menjaga kebersihan lingkungan dengan ikut kerja bakti
  • Tidak main hakim sendiri
  • Mengambil keputusan untuk kepentingan masyarakat dengan jalan musyawarah.

3. Penerapan nilai kemanusiaan di sekolah:

  • Memperlakukan sesama teman dengan baik tanpa membedakan suku, ras, agama, dan golongan
  • Menghormati guru
  • Menghargai teman
  • Membantu guru dan teman yang mengalami kesulitan.

C. Pengamalan nilai-nilai pancasila sila ketiga

1. Penerapan nilai persatuan di rumah:

  • Menanamkan jiwa dan semangat patriotisme serta cinta tanah air bagi seluruh anggota keluarga. Misalnya dengan membiasakan mengonsumsi produk-produk lokal buatan Indonesia
  • Mengajarkan kepada anggota keluarga untuk menjaga nama baik Indonesia
  • Menumbuhkan sikap saling menghormati, menyayangi, dan menghargai di antara anggota keluarga.

2. Penerapan nilai persatuan di masyarakat:

  • Saling bekerja sama dan menghormati antar tetangga tanpa membedakan suku, agama, ras, dan golongan
  • Mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi atau keluarga
  • Tidak memaksakan keinginan kita kepada orang lain
  • Menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat
  • Di tengah lingkungan yang majemuk dengan berbagai latar belakang budaya, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pergaulan.

3. Penerapan nilai persatuan di sekolah:

  • Berteman tanpa memandang status sosial ekonomi, agama, suku, ras, dan golongan
  • Menjaga kerukunan dan toleransi di antara teman dan guru
  • Membantu teman yang kesusahan dengan tulus ikhlas
  • Mengutamakan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah.

D. Pengamalan nilai-nilai pancasila sila keempat

1. Penerapan nilai kerakyatan di rumah:

  • Anak mendengarkan dan menuruti nasihat orang tua
  • Orang tua mau mendengarkan dan menerima saran dari anak
  • Menghargai dan melaksanakan keputusan.

2. Penerapan nilai kerakyatan di masyarakat:

  • Mengikuti pemilihan kepala daerah, baik dari tingkat provinsi, kabupaten, hingga RT dan RW
  • Aktif mengikuti kegiatan musyawarah warga dan memberikan pendapat
  • Melaksanakan keputusan hasil musyawarah.

3. Penerapan nilai kerakyatan di sekolah:

  • Aktif mengikuti organisasi kesiswaan
  • Mengambil keputusan untuk kepentingan bersama lewat jalan musyawarah
  • Mendengarkan pendapat guru dan teman
  • Tidak memaksakan pendapat dan kehendak kepada teman.

E. Pengamalan nilai-nilai pancasila sila kelima

1. Penerapan nilai keadilan di lingkungan rumah:

  • Menjalankan kewajiban dan mendapatkan hak sesuai peranan masing-masing anggota keluarga
  • Saling membantu dan mendukung antar anggota keluarga
  • Menghormati hak masing-masing anggota keluarga.

2. Penerapan nilai keadilan di lingkungan masyarakat:

  • Melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak sebagai warga masyarakat
  • Membantu tetangga yang membutuhkan tanpa melihat status sosial
  • Mengesampingkan kepentingan pribadi dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

3. Penerapan nilai keadilan di lingkungan sekolah:

  • Melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak sebagai siswa
  • Menghargai teman dan menghormati guru
  • Saling membantu dan berbagi antar teman.


📌 Penilaian Pembelajaran


Nah itulah tadi materi kita hari ini yaitu mencari informasi pada suatu teks, sudut, dan pengamalam nilai-nilai pancasila. Agar anak-anak lebih memahami materi tersebut, silahkan kerjakanlah kuis berikut ini:


  • LATIHAN

KUIS tema 8 subtema 2 pb.4.5 kelas 3A


  • PENILAIAN HARIAN (PH)

PH TEMA 8 SUBTEMA 2 KELAS 3A


Note:

Penilaian Harian (PH) dikerjakan di buku tema yaa anak-anak. Jika sudah selesai, silahkan untuk mengirimkan foto tugas ke Miss Diah yaa ^^. Selamat mengerjakan tugas anak-anak sholeh sholehah,  SEMANGATTT! ^^



📌 Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah kita sudah belajar tema 8 subtema 2 pb 5 dan 6, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat anak-anak terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 subtema 3  tentang Aku suka bertualang.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 8 subtema 2 pb 5 dan 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar