Materi Ajar, Jumat, 3 Mei2024

Kamis, 02 Mei 2024

 Hari, tanggal             : Jumat, 3 Mei 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema                      : Perkembangan Teknologi Transportasi(4)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran            : 6 dan PH

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • Matematika
  • 3.10 Menjelaskandan menentukan keliling bangun datar
  • SBdP
  • 3.4 Mengetahui teknik potong, lipat dan sambung
  • PPKn
  • 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat mengidentifikasi teknik potong, lipat, dan sambung dalam pembuatan karya keterampilan dengan tepat.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 7 subtema 3 pb 4 dan 5 yaitu tentang tentang alat transportasi air, udara, dan darat, menghititung keliling bangun datar sikap menghargai perbedaan. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 7 subtema 4 pb 6 yaitu  tentang alat transportasi khusus, sikap menghargai kesukaan orang lain dan cara menghitung keliling bangun datarOke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video






📌 Materi Ajar


📌 Ayo Membaca!

Bacalah teks berikut ini dengan senyap!

Alat Transportasi Khusus

Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat tranportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan. Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Beras, gula, dan terigu diangkut oleh truk. Pasir dan semen juga diangkut oleh truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang. Mobil ambulans digunakan untuk mengangkut orang sakit. Di dalam mobil ambulans, ada alat-alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirene. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan. Sirene memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harussegera tiba di tempat yang dituju.

Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mobil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene. Kita harus memberi jalan jika mobilpemadam kebakaran lewat.

Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya.Pelajari lagi macam-macam alat transportasi khusus. Bersyukur dan berterima kasihlah kepada orang- orang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.

Kamu sudah belajar tentang alat transportasi khusus. 
Alat transportasi khusus apa saja yang kamu ketahui? Apa manfaatnya?
Tuliskan dengan kalimatmu sendiri!



📌 Ayo Mencoba!

Ambulans dan mobil pemadam kebakaran adalah alat transportasi khusus. Apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh pengendara mobil lain ketika mobil itu membunyikan sirene?





📌 Ayo Berlatih!

Di dalam mobil ambulans ada tempat tidur untuk orang sakit.Jika panjang mobil ambulans 250 cm dan lebarnya 150 cm, berapa ukuran tempat tidur yang bisa masuk ke ambulans?
Buatlah dua kemungkinan ukuran tempat tidur!




📌 Ayo Berhitung!

Buatlah sebuah bangun datar! Tentukan ukuran sisi-sisinya! Hitunglah kelilingnya.



📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tema 7 subtema 4 pb  yaitu tentang alat transportasi khusus, sikap menghargai kesukaan orang lain dan cara menghitung keliling bangun datar. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 yaitu tentang PRAMUKA.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 7 subtema 4 pb 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar