Materi Ajar, Rabu, 22 Mei 2024

Selasa, 21 Mei 2024

Hari, tanggal             : Rabu, 22 Mei 2024

Kelas                          : 3A
Tema                          : Praja Muda Karana (8)
Subtema                    : Aku Suka berkarya (4)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, SBdP, dan PPKn
Pembelajaran           : 3 dan 4




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.7 Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dn pemanfaatannya dalam denah, teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • Matematika
  • 3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
  • SBdP
  • 3.4 Mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik potong, lipat dan sambung dalam mebuar karya keterampilan.
  • PPKn
  • .3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dn pemanfaatannya dalam denah, teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat engidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik potong, lipat dan sambung dalam mebuar karya keterampilan.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Selamat pagi anak-anak... okay, pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang denah dan arah mata angin, diagram gambar, lambang pancsila dan teknik potong, lipat dan smbung. yag masih ingat ada berapa jumlah arah mata angin? okay benar sekali, arah mata angin 8, yaitu barat, timur, selatan, utara, barat daya, barat laut, timur laut dan tenggara.


Nah hari ini kita akan melanjukan materi kita di tema 8 subtema 4 yaitu tentang cara membuat paragraf, cara membuat denah, dan sikap adil di lingkungan perpustakaan.  Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!



📌 Materi Ajar

A. Bahasa Indoensia

Membuat paragraf

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang saling berkaitan dan mengandung datu ide pokok. Ide pokok adalah pikiran atau gagasan utama dari sebuah paragraf. Umumnya sebuah paragraf akan terdiri dari empat hingga sepuluh kalimat. Tapi itu akan disesuaikan lagi dengan pengembangan gagasan yang diinginkan oleh penulis.

Ada beberapa unsur dalam sebuah paragraf, seperti gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, dan konjungsi.

  1. Gagasan utama atau topik adalah bagian utama atau ide utama yang ingin disampaikan penulis pada pembacanya.
  2. Kalimat utama adalah kalimat yang menjelaskan tentang gagasan utama. Biasanya kalimat ini akan ada pada awal atau akhir paragraf.
  3. Kalimat penjelas atau kalimat pendukung yang berguna untuk mengembangkan dan memperkuat gagasan. Pada kalimat penjelas, teman-teman akan menemukan data pelengkap dari opini, fakta, hingga beragam data.
  4. Konjungsi yang merupakan kata sambung atau penghubung yang berguna untuk membuat susunan kalimat atau kata menjadi lebih padu.

Setelah memahami penjelasan tersebut, mari simak ciri-ciri dari paragraf berikut ini, yuk!

Ciri-Ciri Paragraf

  1. Terdapat makan, pesan, atau pikiran yang ingin disampaikan penulis.
  2. Dibuat oleh beberapa kalimat, yang punya tema tertentu.
  3. Kalimat dalam suatu paragraf disusun secara logis dan sistematis.
  4. Punya satu ide pokok dan beberapa kalimat penjelas.
  5. Penulisan pada kalimat pertama dibuat menjorok ke dalam atau akan ada jarak antar satu paragraf dengan paragraf lain.

Dari penjelasan ini, sekarang tentu harus bisa membuat paragraf yang benar. Pastikan untuk membuat semua kalimat masih dalam satu kesatuan yang padu. Dengan begitu pesan dari penulis akan tersampaikan dengan baik oleh para pembaca.

Contoh:


Cerita di atas memiliki 6 paragraf. 



B. SBdP

Membuat Denah

Sebagai peta kecil, teman-teman bisa membuat denah sendiri dengan ruang lingkup yang kecil. Untuk berlatih, cobalah untuk membuat denah sekolah tempat teman-teman belajar.

Langkah-langkah membuat denah:

  1. Sebelum memulai membuat denah, teman-teman perlu mencari informasi tentang keadaan sekolah dan arah mata angin. Teman-teman bisa mengumpulkan informasi dengan beberapa orang dan mencatat jumlah ruang kelas, lokasi ruang guru, perpustakaan, lapangan, tempat parkir, dan lain sebagainya.
  2. Setelah semua informasi terkumpul, siapkan alat dan bahan seperti kertas, alat tulis, termasuk penggaris.
  3. Lalu pada bagian ujung atas kanan atau bawah berikan tanda arah mata angin, dengan bagian utara mengarah ke atas.
  4. Kemudian mulailah mengambar denah sekolah sesuai informasi yang sudah teman-teman dapatkan sebelumnya.Pastikan posisi setiap bangunan sesuai dengan arah mata angin yang sebenarnya.
  5. Lalu pada setiap bangunan, bisa teman-teman berikan tanda nomor atau huruf.
  6. Setelah denah selesai, buatlah sebuah keterangan pada bagian bawah denah untuk menunjukan nama bangunan yang ada di sekolah. Dengan begitu denah akan membantu banyak orang untuk menemukan lokasi suatu bangunan yang ada di sekolah.

Sebuah denah akan bisa dipahami dengan mengikuti beberapa unsur berikut.

Unsur-unsur Denah:

  1. Membuat judul denah sesuai dengan lokasi yang dibuat.
  2. Menambahkan petunjuk arah mata angin dengan arah utara mengarah ke atas.
  3. Memberi nama setiap tempat yang digambar agar orang yang membaca bisa mendapatkan jalan yang tepat untuk menuju ke suatu tempat.


C. PPKn

Perpustakaan adalah tempat penuh buku dan data yang berguna untuk menambah pengetahuan kita semua. Namun, perpustakaan adalah fasilitas umum yang bisa digunakan banyak orang. Seperti perpustakaan di sekolah tentu bisa digunakan bukan hanya para siswa tapi juga guru atau staf yang lainnya. Karena sebagai fasilitas yang digunakan bersama, maka penting untuk menjaganya bersama dan menggunakan dengan adil.

Sikap Adil

Adil merupakan sikap yang membuat kita bisa memberikan sesuatu sesuai dengan porsi atau kebutuhan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adil adalah sama berat, tidak berat sebelah atau berpihak pada yang benar dan berpegang pada kebenaran. Sikap adil ini perlu kita terapkan di mana saja, baik saat di rumah, lingkungan sekitar, atau sekolah.

Contoh Sikap Adil di Perpustakaan

1. Menjaga Ketenangan

Ketenangan adalah hal yang penting dan perlu didapatkan oleh semua pengunjung perpustakaan. Karena itu, dengan kita menjaga ketenangan, kita sudah berbuat adil dengan memberikan suasana yang nyaman bagi semua orang. Dengan tempat yang tenang, kita bisa membaca dengan nyaman dan pengunjung lain pun juga begitu.


2. Mengembalikan Buku Tepat Waktu

Buku yang ada di perpustakaan memang boleh dipinjam oleh para pengunjung sesuai dengan ketentuan. Setiap perpustakaan pasti akan memberikan tenggang waktu tertentu untuk seseorang meminjam buku. Jadi, saat waktu pengembalian sudah dekat segera kembalikan buku. Dengan begitu buku bisa dipinjam pengunjung lain yang membutuhkan.


3. Bertanggung Jawab Atas Kondisi Buku yang Dipinjam

Menjaga kondisi buku yang dipinjam termasuk sikap adil, karena semua pengunjung perpustakaan berhak membaca buku yang baik dan tidak ada kerusakan. Untuk bisa memberikan keadilan itu, semua pengunjung perpustakaan harus bekerja sama untuk menjaga keadaan buku selalu dalam keadaan baik terlebih saat dipinjam.


4. Menjaga Kebersihan

Setiap pengunjung perpustakaan berhak mendapatkan tempat yang bersih untuk membaca buku. Jadi, jangan buang sampah sembarangan dan tidak membawa makanan ke dalam ruang perpustakaan, ya. Dengan begitu semua pengunjung bisa mendapatkan tempat nyaman untuk membaca secara adil.



📌 Penilaian Pembelajaran


Nah itulah tadi materi kita hari ini yaitu tentang RBhineka Tunggal Ika.  Agar anak-anak lebih memahami materi tersebut, silahkan anak-anak mengerjakan latihan berikut ini:

  • LATIHAN ESSAY

Jawablah pertanyan di bawah ini dengan benar! 

1. Buatlah denah sekolahmu seperti contoh di bawah ini!


2. Perhatikan Diagram batang berikut ini!

Buatlah diagram gambar berdasarkan data yang ada pada diagram batang di atas!


3. Perhatikan gambar berikut!

Buatlah paragraf berdasarkan gambar di atas!

Ide pokok dari paragraf di atas adalah ...

4. Tuliskan paling sedikit 3 sikap adil di lingkungan perpustakaan yang kamu ketahui!

5. Perhatikan denah berikut ini!

Denah lokasi perkemahan menunjukkan posisi setiap tempat dengan baik. Meja makan ada di sebelah timur tenda pembina. Kamar kecil ada di sebelah barat tenda utama. Pusat air minum ada di sebelah utara meja makan. Sementara tungku ada di sebelah selatan tenda anggota pramuka.

Seorang anggota pramuka akan menuju tenda pembina. Tentukan arah yang harus dilewati anggota tersebut!




Note:

^^ Selamat mengerjakan tugas anak-anak sholeh sholehah. SEMANGAT!!^^



📌 Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah kita sudah belajar tema 8 subtema 4 pb 3 dan 4, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat anak-anak terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 subtema 4 tentang Aku suka berkarya.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 8 subtema 4 pb 3 dan 4,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar