Materi Ajar, Selasa, 14 Mei 2024

Senin, 13 Mei 2024

Hari, tanggal             : Selasa, 14 Mei 2024

Kelas                          : 3A
Tema                          : Praja Muda Karana (8)
Subtema                    : Aku Anak Mandiri(2)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP dan PPKn
Pembelajaran           : 3 dan 4




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.9 Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
  • Matematika
  • 3.12 Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
  • SBdP
  • 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
  • PPKn
  • .3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat menganalisis sifat-sifat yang dimiliki bangun datar.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat mengetahui dinamika gerak tari.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan hari ini kegiatan belajar mengajar kita akan dilakukan secara daring yaa anak-anak. Nah pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang makna lambang pancasila. Adakah yang masih ingat lambang dari sila ke satu pancasila? Yapss, benar sekali, lambang sila ke satu pancasila adalah bintang. Selain itu kita juga telah belajar tentang lambang pramuka, sifat-sifat bangun datar serta dinamika gerak tari.


Hari ini kita akan melanjukan materi kita di tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 yaitu tentang tanda kecakapan khusu (TKK) dan tanda kecakapan umum (TKU) dalam pramuka serta sifat bangun datar dan sikap mandiri. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video




📌 Materi Ajar

A. Bahasa Indoensia

TANDA KECAKAPAN KHUSUS (TKK) & TANDA KECAKAPAN UMUM (TKU)



  • TANDA KECAKAPAN KHUSUS (TKK)
Tanda kecakapan khusus (TKK) adalah tanda yang diberikan kepada anggota pramuka yang sudah memenuhi syarat kecakapan khusus (SKK)
Contoh TKK:
  • TANDA KECAKAPAN UMUM (TKU)
Tanda kecakapan umum (TKU) pramuka siaga adalah tanda kecakapan yang diberikan kepada anggota pramuka siaga yang telah memenuhi syarat-syarat kecakapan umum (SKU).
Contoh TKU:


Dalam kegiatan Pramuka setiap anggota bisa mendapatkan pelajaran apa saja mulai dari memasak, menanam tumbuhan, hingga mengobati atau memberikan pertolongan pertama kepada mereka yang sedang sakit atau cedera.

Oleh karena itu, terkadang sebagian anggota Pramuka diberikan tugas untuk membantu masyarakat, seperti melindungi sebuah kampung hingga membantu untuk mengatur lalu lintas Dengan demikian, dari Pramuka inilah setiap anggota atau bukan anggota dapat belajar tentang pentingnya gotong royong atau saling membantu satu sama lain.


B. MATEMATIKA

Bangun datar adalah bangun dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung. Setiap bangund atar memiliki sifatnya masing-masing. 
  • Bangun Datar Persegi

Perhatikan bangun datar di atas!
ABCD adalah suatu persegi. keempat sisinya sama panjang, yaitu: AB = BC = CD = DA. Persegi memiliki 4 sudut siku-siku.

Contoh benda yang berbentuk Bangun Datar:

  • Bangun Datar Persegi panjang

Perhatikan bangun datar di atas!
bangun ABCD di atas adalah persegi panjang. Sisi yang berhadapan sama panjang, yaitu: sisi AB = CD, sisi BC = DA. Persegi panjang memiliki 4 sudut siku-siku.

Contoh benda berbentuk persegi panjang:


C. PPKn

Pramuka mengajarkan kita untuk memiliki sifat disiplin, tangguh, berani, bersimpati, dan saling menolong. Karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan alam, anak dan remaja juga dibimbing agar menjadi mandiri. Misalnya, saat berkemah anak berlatih untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa bantuan dari orangtua atau teknologi, sehingga pribadi yang mandiri pun terbentuk. Selain itu, berkemah juga melatih mereka untuk berbaur dan bekerja sama dengan teman-temannya, serta meningkatkan survival skills dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mandiri adalah keadaan dapat berdiri sendiri atau tidak bergantung pada orang lain. Berikut beberapa contoh sikap mandiri yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.


Contoh sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari:
1. Sifat Mandiri di Rumah

  • Menata kasur dan kamar sendiri setelah bangun tidur.
  • Merapikan mainan setelah selesai bermain, dan melakukan perawatan agar mainan awet.
  • Mencuci piring dan gelas yang digunakan setelah selesai makan.
  • Melaksanakan ibadah atas kesadaran sendiri,

2. Sifat Mandiri di Sekolah

  • Mengambil dan mengembalikan lagi buku yang dibaca di perpustakaan.
  • Berangkat sendiri ke sekolah dengan menggunakan sepeda atau transportasi umum.
  • Mengerjakan tugas yang diberikan sendiri tanpa menyontek orang lain walau sulit.

3. Sifat Mandiri di Lingkungan Masyarakat

  • Memiliki inisiatif untuk membersihkan sampah yang ada di dekat tempat tinggal.
  • Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti yang ada di lingkungan masyarakat dengan membantu semampunya.
  • Menyingkirkan batu atau benda berbahaya yang ada di jalan agar tidak melukai pengguna jalan lainnya.



D. SBdP

Tari tempurung adalah  tari tradisional yang hidup dan berkembang pada masyarakat dari Provinsi Sumatera Barat.
Perhatikan Tari tempurung berikut ini!


Menari Tempurung
Gerak kuat adalah gerak yang dilakukan dengan tenaga yang kuat. Gerak lemah merupakan gerak yang dibawakan dengan pelan dan lemah lembut.  Anggota tubuh yang dapat digerakkan, yaitu kepala, tangan, dan kaki. 
  1. Contoh gerak kepala yaitu : menoleh, mengangguk, menggeleng, dan mendongak.
  2. Contoh gerak tangan yaitu : melambai, merentang, mengangkat tangan, dan melenggang.
  3. Contoh gerak kaki yaitu: berjalan, berjinjit, jalan di tempat, dan meloncat. 

Cobalah menarikan gerak tari tempurung bersama teman-temanmu dan juga orangtuamu di rumah ^^


📌 Penilaian Pembelajaran


Nah itulah tadi materi kita hari ini yaitu tentang tanda kecakapan khusu (TKK) dan tanda kecakapan umum (TKU) dalam pramuka serta sifat bangun datar dan sikap mandiri. Agar anak-anak lebih memahami materi tersebut, silahkan kerjakanlah kuis berikut ini:


TUGAS TEKA-TEKI SILANG

Teka-Teki Silang Tema 8 Subtema 2 Kelas 3A





📌 Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah kita sudah belajar tema 8 subtema 2 pb 3 dan 4, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat anak-anak terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 subtema 2 pb 5 tentang Aku anak mandiri.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 8 subtema 2 pb 3 dan 4,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar