Materi Ajar, Senin, 20 Mei 2023

Minggu, 19 Mei 2024

Hari, tanggal             : Senin, 20 Mei 2024

Kelas                          : 3A
Tema                          : Praja Muda Karana (8)
Subtema                    : Aku Suka berpetualang (3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran           : 5 dan 6 (PH)




📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.9 Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
  • Matematika
  • 3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram
  • SBdP
  • 3.1 Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif.
  • PPKn
  • .3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram.
  3. Dengan mempelajari SBdP, siswa dapat  mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila" dengan baik.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Alhamdulillah pada pertemuan hari ini kita dapat kembali melaksanakn kegiatan pembelajaran tatap muka yaa anak-anak. Nah pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang rambu lalu lintas, macam-macam diagram, serta arti dari samboyan Bhineka Tunggal Ika. Apakah ada yang masih ingat apa arti dari Bhineka Tunggal Ika? yaps benarr.. Bhineka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Arti tersebut menggambarkan keberagaman kebudayaan yang ada di Indonesia anak-anak.


Nah hari ini kita akan melanjukan materi kita di tema 8 subtema 3 pb 5 dan 6 ya anak-anak, yaitu tentang rambu petunjuk, diagram batang dan sikap menghargai perbedaan . Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video!


📌 Materi Ajar

A. Bahasa Indoensia

Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk berguna untuk memberikan arahan pada para pengguna jalan. Melalui rambu ini, para pengguna jalan bisa mendapatkan panduan atau informasi selama dalam perjalanan. Rambu ini bisa diketaui dari ciri berupa warna dasar hijau, warna putih pada garis tepi, lambang, huruf, dan angka.

Contoh: 

B. MATEMATIKA
Diagram Batang

Diagram merupakan sebuah gambar atau grafik yang digunakan untuk menyajikan sebuah data

Diagram batang yaitu diagram yang menunjukkan bilangan atau kuantitas, yang dinyatakan dalam bentuk persegi atau persegi panjang. Diagram batang biasanya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu.

Diagram ini merupakan bentuk yang paling sederhana dan umum, namun tidak dapat menampilkan data yang bersifat individual dari setiap orang atau benda yang diteliti.



C. PPKn

Sikap menghargai perbedaan


Sebagai sebuah negara kepulauan, Indonesia bukan hanya memiliki banyak pulau besar dan kecil. Namun, kondisi geografis ini juga berakibat pada banyaknya perbedaan suku, agama, ras, budaya, bahasa, dan lain sebagainya. Walau begitu, semua masyarakat Indonesia masih bisa bersatu dalam satu bangsa. Untuk bisa mempertahankan itu, penting untuk memiliki sikap saling menghargai.

Sikap saling menghargai merupakan sikap menghormati atau mengindahkan pandangan, sikap, keyakinan, dan semua yang perbedaan lain. Sikap menghargai ini juga merupakan cerminan dari semboyan bangsa yaitu 'Bhinneka Tunggal Ika' yang memiliki arti berbeda-beda tetap satu jua.Sedangkan makna dari semboyan itu adalah mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa yang terdiri dari bermacam-macam ragam suku, budaya, ras, agama, hingga bahasa.

Untuk bisa mengaplikasikan semboyan tersebut, berikut akan diberikan beberapa contoh-contoh sikap menghargai.

Contoh Sikap Menghargai di Rumah

  • Tidak memotong pembicaraan orang lain terlabih orang tua.
  • Selalu membantu pekerjaan orang tua, seperti membersihkan kamar dan merapikan mainan sendiri.
  • Mendengarkan dan memperhatikan nasehat atau pesan dari orang tua.
  • Menghabiskan makanan yang sudah disiapkan oleh orang tua di rumah.

Contoh Sikap Menghargai di Sekolah

  • Memperhatikan guru saat sedang memberikan penjelasan tentang materi pelajaran.
  • Membuang sampah pada tempatnya dan tidak mengotori perabotan sekolah yang sudah dibersihkan petugas kebersihan.
  • Tidak saling mengejek antau berprilaku kasar pada teman.
  • Tidak membeda-bedakan teman yang berasal dari suku, agama, atau ras.

Contoh Sikap Menghargai di Lingkungan

  • Membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuat lingkungan kotor.
  • Tidak menyalakan radio atau televisi terlalu keras di waktu istirahat.
  • Menghargai dan menghormati perayaan hari besar agama lain di lingkungan tempat tinggal.
  • Saling menjaga silaturahmi antar tetangga walau memiliki perbedaan agama atau suku.



📌 Penilaian Pembelajaran


Nah itulah tadi materi kita hari ini yaitu tentang RBhineka Tunggal Ika.  Agar anak-anak lebih memahami materi tersebut, silahkan anak-anak mengerjakan latihan berikut ini:

  • LATIHAN ESSAY

Jawablah pertanyan di bawah ini dengan benar! 

1. Perhatikan Papan petunjuk yang ada pada peta/denah berikut ini!



Jawablah pertanyan di bawah ini berdasarkan pada peta/denah di atas:
a. Ani ingin pergi berbelanja bersama ibu. Ani harus berjalan ke arah...
b. Ayah hendak mengisi bensin sebelum pergi bekerja. Kearah manakah Ayah harus berjalan...
c. Deno dan teman-temannya ingin pergi ke masjid untuk sholat jum'at. Deno dan teman-temannya harus berjalan ke arah...


2.  Perhatikan gambar berikut ini!
   a. Buatlah cerita singkat sesuai urutan gambar di atas!
   b. Tuliskan rambu lalu lintas yang kamu lihat pada gambar di atas!
   c. Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyebrang jalan?

3. Tuliskan 3 contoh sikap menghargai perbedaan

4. Perhatikan diagram batang berikut!

    a. Berapa banyak anak yang menyukai serabi?
    b. Berapa banyak anak yang menyukai kelepon?
    c. Apa nama kue yang paling banyak disukai?
    d. Apa nama kue yang paling sedikit disukai?
    e. berapa banyak perbedaan antara yang menyukai kue lapis dan kue onde-onde?

5.perhatikan gambar berikut!

Tuliskan nama daerah sesuai rumah dan pakaian adat di atas!



Note:

^^ Selamat mengerjakan tugas anak-anak sholeh sholehah. SEMANGAT!!^^



📌 Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah kita sudah belajar tema 8 subtema 3 pb 5 dan 6, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat anak-anak terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 8 subtema 4 tentang Aku suka berkarya.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 8 subtema 3 pb 5 dan 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



0 comments:

Posting Komentar