Hari, tanggal : Senin, 27 Oktober 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang grafik dan tempat umum serta mengenal warna panas, dingin dan netral. Nah pada hari ini kita akan belajar tentang penggunaan tanda seru pada kalimat perintah, serta menilai karya senibrupa. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning
o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
2. Murid menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.
2. Menilai karya (gambar, kolase, patung) dan penciptaan karya seni rupa (gambar, kolase, patung) dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.
2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.
3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.
4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).
5. Mengamati karya seni rupa sederhana (gambar, lukisan, kolase).
6. Membandingkan dan membuat karya seni rupa
7. Menjelaskan secara sederhana alasan ia menyukai atau memberi saran pada karya tersebut.
8. Menghargai karya teman dan memberi tanggapan positif.
🌿 Materi Inti: Mengenal Kata Depan dan Awalan “di”
1. Konsep Dasar Bahasa
Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:
- Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
- Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.
Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.
2. Kata Depan “di” (Preposisi)
Ciri-ciri:
- Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
- Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
- Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.
Contoh dan makna:
Kalimat | Makna |
Buku ada di meja | Menunjukkan lokasi buku |
Ibu memasak di dapur | Menunjukkan tempat aktivitas |
Kucing tidur di bawah kursi | Menunjukkan posisi kucing |
🧠Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.
3. Awalan “di-” (Prefiks)
Ciri-ciri:
- Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
- Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
- Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.
Contoh dan makna:
Kalimat | Makna |
Pintu itu dibuka ayah | Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu |
Surat itu dikirim Dina | Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain |
Lantai disapu setiap pagi | Menunjukkan pekerjaan yang dilakukan pada objek |
Latihan :
MATERI SENI RUPA
1. Pengertian Menilai Karya Seni Rupa
Menilai karya seni rupa berarti memberi tanggapan atau pendapat tentang suatu karya seni, seperti gambar, lukisan, kolase, atau patung.
Tujuannya bukan untuk mencari salah, tetapi menghargai dan belajar dari karya tersebut.
2. Hal-Hal yang Dinilai dalam Karya Seni Rupa
Guru dapat menampilkan beberapa karya (misalnya lukisan anak, kolase, atau hasil cetak stensil), lalu murid menilai dengan memperhatikan:
| Aspek yang Dinilai | Contoh Pertanyaan |
|---|---|
| Keindahan (Estetika) | Apakah gambar atau warna yang digunakan indah dan menarik? |
| Kerapian | Apakah karya dibuat dengan hati-hati dan tidak berantakan? |
| Kreativitas | Apakah idenya unik dan berbeda dari yang lain? |
| Pesan atau Makna | Apa yang ingin disampaikan dari karya tersebut? |
| Kesesuaian Tema | Apakah karya sesuai dengan tema yang diberikan guru? |
3. Cara Memberi Penilaian dengan Sikap Baik
Guru mencontohkan cara berpendapat dengan sopan, misalnya:
“Saya suka warnanya karena terlihat cerah.”
“Gambarnya rapi sekali, tapi mungkin bisa ditambahkan warna di bagian langit.”
“Karya ini terlihat menarik karena bentuknya unik.”
Refleksi untuk Murid
Karya siapa yang paling kamu sukai? Mengapa?
Apa yang kamu pelajari setelah melihat karya teman?
Bagaimana perasaanmu saat karyamu dilihat dan dihargai teman-teman?


0 comments:
Posting Komentar