Hari, tanggal : Selasa, 07 Oktober 2025
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telahmelaksanakan sumatif harian 2 yang Alhamdulillah mendapatkan hasil yang cukup baik. Nah pada hari ini kita akan belajar tentang rambu lalu lintas juga tentang simbo, sama dengan =. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volum dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
- Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.
Menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.
- Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.Peserta didik dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.
- Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya: berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).
- Murid dapat dapat mengenal makna simbol "=" sebagai tanda kesamaan atau kesetaraan.
- Murid dapat menyusun dan membaca kalimat matematika dengan simbol "=" berdasarkan gambar.
- Murid dapat membuat sendiri kalimat matematika setara berdasarkan gambar atau cerita.
- Murid dapat memahami bahwa "=" menunjukkan dua sisi kalimat matematika yang nilainya sama.
- Murid dapat menuliskan kalimat matematika yang setara menggunakan simbol "=" (dengan penjumlahan dan pengurangan).
Tempat Umum
Tanda Peringatan
Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.
Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.
Jangan mendorong;
Jangan membuka pintu;
Jangan memberi makan hewan;
Hati-hati lantai licin;
Hati-hati ada ayunan;
Hati-hati ombak besar;
Jangan sentuh stop kontak;
Hati-hati ketika melangkah;
Hati-hati barang panas.
🧠 A. Apa itu Simbol "="?
Simbol
"=" dibaca "sama dengan".
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan bahwa dua sisi dalam suatu kalimat
matematika memiliki nilai yang sama.
Contoh:
·
5
= 5 → Artinya: Lima sama dengan lima.
·
3
+ 2 = 5 → Artinya: Tiga ditambah dua hasilnya lima.
·
10
- 4 = 6 → Artinya: Sepuluh dikurangi empat hasilnya enam.
📌 Ingat:
Tanda "=" bukan berarti "jawabannya adalah", tetapi
"kedua sisi sama nilai".
📷 B. Mengenal Kalimat Matematika
dari Gambar
Kamu
bisa membuat kalimat matematika dari gambar benda yang kamu lihat.
Kita bisa menggunakan penjumlahan atau pengurangan untuk membuat kalimat
matematika yang benar.
📌 Contoh 1: Penjumlahan dari Gambar
Lihat
gambar berikut:
🍎🍎🍎 (3 apel) dan 🍎🍎 (2 apel)
Pertanyaannya:
Berapa semua jumlah apel?
Kalimat
matematika:
3 + 2 = 5
Artinya: Tiga ditambah dua sama dengan lima.
📌 Contoh 2: Pengurangan dari Gambar
Lihat
gambar berikut:
🍌🍌🍌🍌🍌🍌 (6 pisang)
Kemudian 2 pisang dimakan 🍌🍌
Pertanyaannya:
Berapa pisang yang tersisa?
Kalimat
matematika:
6 - 2 = 4
Artinya: Enam dikurangi dua sama dengan empat.
🎲 C. Menyusun Kalimat Matematika
yang Seimbang
Kita
bisa membuat kalimat matematika yang kedua sisinya seimbang (sama nilainya).
Contoh:
·
3
+ 4 = 5 + 2 → Karena 3 + 4 = 7 dan 5 + 2 = 7, maka benar.
·
8
- 3 = 2 + 3 → Karena 8 - 3 = 5 dan 2 + 3 = 5, maka benar.
💡 Ini menunjukkan bahwa simbol
"=" menyatakan nilai di kiri dan kanan harus sama.
Ringkasan
Tanda "=" berarti "sama
dengan".
Dua sisi dari tanda "=" harus
memiliki nilai yang sama.
Kalimat matematika bisa dibuat dari gambar
penjumlahan atau pengurangan.
Kita bisa menyusun kalimat matematika
seimbang, contohnya:
4 + 1 = 2 + 3
0 comments:
Posting Komentar